Mesin Fotocopy Canon Untuk Usaha Atau Perkantoran

Siapa yang tidak mengenal berbagai produk dari Canon Inc termasuk kamera, mesin fotocopy, dan printer. Brand ini sangat terkenal di Indonesia karena memiliki kualitas yang bisa diandalkan. Perusahaan yang berbasis di Tokyo ini didirikan pada tahun 1933 oleh Yoshida Goro dan Uchida Saburo. Nama awal perusahaan ini adalah Seiki Kougaku Kenkyuujo atau Laboratorium Peralatan Optik Presisi.

Busy, Office, Ol, Answer The Phone, Photocopy

Di tahun 1947, nama perusahaan diganti menjadi Canon Camera Co. oleh Takeshi Mitarai yang saat itu menjabat menjadi presiden direktur. Hingga masuk di tahun 1960 perusahaan ini resmi memasuki bidang elektronik yang lebih luas yaitu dengan memproduksi mesin fotocopy, peralatan optic khusus, dan lain sebagainya. Tanggal 1 Maret 1969 adalah waktu dimana nama perusahaan diubah menjadi Nikon Inc hingga saat ini.

Produk mesin fotocopy Canon terbagi menjadi dua segmen yaitu untuk kalangan usaha dan perkantoran. Untuk usaha, Canon menciptakan ukuran yang besar dengan kualitas mesin yang tinggi. Sedangkan berdasarkan hasil fotocopy-nya ada dua jenis yaitu fotocopy hitam putih dan berwarna.

Tipe Mesin Fotocopy Canon Untuk Pebisnis

Sudah bukan rahasia umum lagi jika brand Canon telah merajai dunia perfotocopy-an di Indonesia. Coba saja Anda lakukan survey di berbagai tempat usaha fotocopy. Maka, mayoritas menggunakan mesin fotocopy merk Canon berbagai tipe. Banyaknya peminat dari mesin ini hukan tanpa alasan, kemudahan operasionalnya, perawatan yang mudah, performa tinggi, bandel, dan suku cadang yang mudah ditemui menjadi nilai plus brand yang berasal Jepang ini.

Salah satu tipe mesin Canon yang paling banyak dipakai adalah tipe IR5000. Sebelum kehadiran IR 5000, pebisnis fotocopy di masa lalu memprimadonakan Canon NP 6650 yang pernah dijuluki raja jalanan oleh teknisi mesin fotocopy. Seiring berjalannya waktu, tipe NP 6650 mulai tergantikan oleh IR 5000 yang memiliki fitur lebih lengkap dan canggih seperti print dan scan.

Nah, sama posisinya dengan NP 6650 pada beberapa tahun yang lalu, IR 5000 pun kini kurang diminati oleh pebisnis fotocopy. Sebab, muncul mesin fotocopy yang lebih unggul dari Canon yaitu IR 5075. Spesifikasi, fitur, serta kestabilan hasil dari IR 5075 dianggap lebih memuaskan dibanding IR 5000.

Kemampuan menggandakan dokumen dari IR 5075 bisa dibilang cukup mumpuni untuk usaha menengah hingga besar yaitu 75 lembar per menit. Fitur multifungsi digital seperti scan dan print hitam putih dengan ukuran kertas maksimal A3. Mesin ini juga bisa melakukan fotocopy bolak-balik secara otomatis dengan konsumsi listrik 1.5 KWh.

Beberapa varian baru dari Canon yang bisa dijadikan opsi oleh pebisnis usaha fotocopy dengan spesifikasi, fitur, dan kecepatan yang tinggi. Diantara tipe-tipe tersebut adalah:

  1. Canon IR Advance 4025.

IR 4025 memang belum memiliki performa dan spesifikasi selengkap IR 5075. Namun, kualitas mesin ini bisa dipertimbangkan untuk usaha dengan skala kecil. Kecepatan mesin fotocopy IR 4025 adalah 25 ppm. Meskipun masih kalah jauh dnegan IR 5075 yang mampu menyalin dokumen sebanyak 75 lembar per menit, tetapi mesin ini cukup mampu diandalkan untuk melakukan fotocopy dengan jumlah yang banyak.

Fitur yang dimiliki oleh Canon IR 4025 adalah copy, print, dan scan BW, warna DADF, serta network. Dalam menampung data scan, maksimal kertas yang bisa digunakan berukuran A3. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, yaitu dibanderol Rp 13.500.000,-.

  1. Canon IR 6070.

Kecepatan penyalinan yang bisa dilakukan oleh Canon IR 6070 sedikit di bawah IR 5075 yaitu 65 lembar per menit. Mesin fotocopy Canon tipe ini tergolong high volume dengan fitur standar yaitu fotocopy, scan, dan print. Harganya berkisar antara 18 hingga 25 juta rupiah.

  1. Canon IR Advance C2030H

Kelebihan mesin fotocopy yang satu ini adalah kemampuannya menyalin dokumen berwarna. Tentunya Ir Advance C2030H dapat memenuhi kebutuhan Anda. Namun, Anda perlu merogoh kocek yang dalam untuk menikmati fitur canggih mesin fotocopy ini. Banderol harga antara 115 sampai 120 juta rupiah bukanlah angka yang sedikit.

  1. Canon IR 5570.

Mesin fotocopy ini cocok untuk usaha Anda karena memiliki kecepatan mencetak dokumen 60 lembar setiap menit. Kualitas scanning yang bisa dilakukan oleh IR 5570 adalah 600 dpi. Dengan adanya multi user, mesin ini  tetap bekerja dengan baik meskipun digunakan lebih dari satu orang. Didukung dengan kapasitas penyimapanan yang besar yaitu RAM 512 Mb dan Hardisk 20GB.

Nah, itu dia mesin fotocopy yang cocok untuk usaha Anda. Selain spesifikasinya, Anda juga perlu mempertimbangkan harga yang sesuai dengan skala usaha Anda. Jika usaha Anda masih berskala kecil, pilihlah harga yang murah dengan kualitas lumayan namun mumpuni. Namun, jika usaha fotocopy Anda sudah besar dan menuntut kecepatan mesin yang dapat menyalin dokumen secara cepat, maka sudah pasti jawabannya adalah IR 5075.

Mesin Fotocopy Portabel Mini Untuk Kebutuhan Perkantoran

Mesin fotocopy berukuran kecil merupakan terobosan baru dalam industri teknologi yang membuatnya lebih mudah dalam hal penyimpanan. Biasanya jenis mesin fotocopy ini digunakan untuk kebutuhan pribadi maupun perkantoran. Uniknya, mesin fotocopy mini masih menggunakan ink jet atau tinta cair, meskipun sudah ada juga yang menggunakan serbuk laser jet sebagaimana umumnya mesin fotocopy.

Kelebihan mesin fotocopy mini adalah mudah dibawa dan dipindahkan karena ukurannya yang kecil. Pengoperasiannya juga cukup mudah dengan daya listrik yang kecil. Selain itu harganya lebih terjangakau.

Ciri-ciri mesin fotocopy portable mini diantaranya memiliki berat tidak lebihd ari 20 kg dengan fitur yang hampir sama dengan mesin fotocopy pada umumnya. Kecepatannya mencapai 20 lembar per menit dengan ukuran kertas maksimal F4. Anda tetap bisa menghubungkan mesin fotocopy mini dengan komputer menggunakan kabel USB. Bahkan, Anda bisa menyalin data dari gadget ataupun smartphone secara langsung.

Canon sendiri telah mengeluarkan tipe mesin fotocopy mini yaitu Canon ICMF 4320d. kemampuannya mampu diandalkan untuk keperluan pribadi, kantor, maupun swasta. Fungsinya kumplit dan smart. Canon ICMF 4320d memiliki kecepatan menyalin dokumen hingga 22 lembar setiap menitnya. Ukuran maksimal yang bisa digunakan adalah kertas A4.

Mesin ini sangat canggih karena dapat melakukan print dan scan berwarna dengan format TIFF, JPEG, serta PDF. Konsumsi daya Canon ICMF 4320d hanya sebesar 9W sampai dengan 650W. sedangkan ukurannya W390 x D432 x H297 mm. dalam perawatannya terdapat sistem Catridge yang dapat menekan budget, simple, dan tentu saja lebih hemat.

Penggunaan mesin fotocopy untuk usaha dan kebutuhan kantor tentunya berbeda. Biasanya kecepatan tinggi sangat dibutuhkan untuk menyediakan pelayanan yang baik bagi customer di tempat usaha. Sedangkan untuk kebutuhan kantor, pilihan mesin fotocopy yang simple dengan kecepatan standar sudah cukup mumpuni.

Canon menyediakan berbagai tipe untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda pula. Sehingga dalam memilihnya Anda harus memastikan spesifikasi, harga, dan kebutuhan penggunaannya. Demikian, semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s