Persiapan Menyusun Anggaran Liburan Keluarga

Pergi berlibur bersama keluarga memang selalu menyenangkan. Anda jadi bisa memanfaatkan quality time bersama keluarga dengan bersantai sekaligus merasakan suasana baru yang nyaman. Dijamin hubungan Anda dengan seluruh anggota keluarga akan semakin erat setelah menikmati liburan bersama. Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang istimewa, tentu saja Anda harus melakukan persiapannya secara matang. Seperti misalnya transportasi untuk berlibur. Jika Anda memiliki jumlah anggota keluarga yang cukup banyak sebaiknya pilih kereta karena harga tiketnya yang terjangkau apalagi jika Anda membeli tiket kereta di Bukalapak.com!

gleise-1555348_640.jpg

Sebenarnya tak sulit loh untuk mempersiapkan liburan keluarga, namun Anda memang perlu merencanakan semuanya secara matang. Karena membawa jumlah anggota keluarga yang biasanya lebih dari dua, anggaran yang akan dikeluarkan pun tentu tidak sedikit, Anda harus pintar dan cermat mengaturnya.

Jangan sampai isi kantong Anda terkuras habis hanya karena liburan yang tak terencana dengan baik. Lalu rencana anggaran seperti apa saja yang harus Anda persiapkan sebelum berlibur bersama keluarga? Yuk simak!

Anggaran Transportasi

Anggaran untuk transportasi merupakan hal pertama yang patut Anda pikirkan. Anda harus memasukkan anggaran transportasi secara terperinci. Misalnya jika Anda membawa mobil pribadi, berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk bensin dan untuk biaya parkir. Atau jika Anda lebih memilih untuk berlibur menggunakan kereta, Anda harus menghitung semua biaya tiketnya. Tak perlu pusing, kini di Bukalapak menyediakan tiket kereta yang bisa dengan mudah Anda pesan secara online. Anda pun bisa menentukan nomor tempat duduk sesuai keinginan. Perjalanan di kereta bersama keluarga pun pasti akan lebih menyenangkan.

Anggaran Penginapan

Tak kalah penting dengan transportasi, tempat menginap selama berlibur pun penting untuk dibuatkan anggaran khusus. Sebelumnya, Anda bisa membatasi budget per-malam untuk penginapan. Jika sudah dianggarkan, Anda bisa mulai mencari penginapan yang sesuai dengan anggaran Anda. Namun perlu diperhatikan juga kualitas dari penginapan tersebut jangan hanya dari segi harga saja.

Anggaran Wisata

Berlibur tidaklah sah tanpa berkunjung ke tempat wisata apalagi jika mengajak anak-anak. Untuk itu, anda juga harus mempersiapkan anggaran untuk wisata. Sebelumnya Anda bisa mencari tau terlebih dahulu harga tiket masuk tempat wisata yang akan dikunjungi agar Anda mempunyai bayangan saat akan membuat anggaran wisata. Selain itu, Anda juga harus mencari tau di tempat wisata tersebut bisa melakukan aktivitas apa saja. Jika ada wahana bermain akan lebih bagus karena anak-anak pasti akan menyukainya. Namun jangan lupa juga untuk ikut memasukkan biaya wahana mainan dalam anggaran wisata Anda.

Anggaran Makan

Menyusun anggaran makan tidaklah gampang karena tentu akan menghabiskan lebih banyak budget dibanding anggaran lainnya. Anda bisa menghitung anggaran makan dengan menyesuaikan berapa banyaknya orang dengan berapa kali waktu makan. Usahakan biaya makan yang dikeluarkan tidak melebihi anggaran yang dibuat. Jika Anda ingin berhemat untuk urusan makan, hindari makan di restoran-restoran besar dan akan lebih baik jika Anda bisa membawa bekal makanan dari rumah.

Anggaran Dana Tak Terduga

Selain ke-empat anggaran primer tersebut, Anda juga perlu untuk memasukkan dana tak terduga di anggaran liburan keluarga. Karena tak bisa dihindari kadang ada hal-hal tak terduga yang bisa saja terjadi diluar perhitungan anggaran yang telah dibuat. Misalnya anggaran untuk membeli oleh-oleh atau hal-hal diluar dugaan lainnya seperti mobil bermasalah, dan lain-lain. Jadi menghitung anggaran untuk dana tak terduga pun perlu untuk dilakukan.

Yuk, segera persiapkan anggaran untuk berlibur bersama keluarga tercinta!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s