Berpetualang Hemat ke Pulau Derawan

Pulau Derawan
Pulau Derawan

Kalimantan memang tersohor dengan destinasi wisata alamnya yang memesona, pengandangan indah dan suasana yang membuat hati jatuh cinta. Salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi adalah kepulauan Derawan.

Wisata bahari kepualauan Derawan ini terletak di sebelah timur pulau Kalimantan yang termasuk ke Kabupaten Berau. Kepulauan Derawan sedikitnya terdiri dari enam pulau yaitu Pulau Derawan, Pulau Maratus, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, Pulau Panjang dan Pulau Semama.

Kepulauan Derawan merupakan bagian dari ekorigion laut sulu-Sulawesi yang melintasi Indonesia, Malaysia dan Filipina. Ekorigion ini terletak di segitiga terumbu karang “the coral triangle” yang menjadi episenter kehidupan laut.

Pulau Derawan tentu memiliki panorama laut yang indah dengan pasir pantai yang putih. Di pulau ini juga terdapat penyu hijau yang banyak hidup di sana.

Waah, rasanya ingin sekali ya pergi ke Pulau Derawan, bermain dengan penyu dan berenang di air laut yang jernih sepertinya akan terasa sangat menyenangkan.

Namun, sama seperti pulau-pulau indah lainnya di Indonesia, biaya paling besar yang harus Anda siapkan untuk menuju Pulau Derawan adalah biaya transportasi, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya tiket pesawat terbang Anda menuju ke sana. Biaya untuk menetap di sana pun lumayan mahal. Tapi hal tersebut akan terbayar dengan keindahan alamnya, Kepulauan Derawan akan menghipnosis Anda dengan dunia bawah lautnya yang sangat indah.

Bagi anda yang berasal luar Kalimantan Timur untuk mencapai Kepulauan Derawan, Anda harus pergi ke Balikpapan atau Samarinda terlebih dahulu. Bila terbang dengan berbagai maskapai menuju Balikpapan, anda akan mendarat di Bandar Udara Sepinggan (sekarang disebut Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman) atau bila anda terbang ke Samarinda, anda akan mendarat di Bandar Udara Temindung Samarinda. Waktu tempuh via udara bagi Anda yang dari Jakarta (Bandara Soetta) ke Bandara Sepinggan adalah sekitar dua jam. Dari Balikpapan ataupun Samarinda, terdapat dua opsi untuk mencapai Kabupaten Berau, yaitu melalui jalur darat dan jalur udara.

1. Jalur darat menuju Kabupaten Berau

Bagi anda yang ingin mengambil jalur darat, anda dapat mengambil travel menuju Kabupaten Berau (Tanjung Redeb) dari Balikpapan ataupun Samarinda dengan tarif Rp 300.000 – Rp 350.000 per orang. Waktu tempuh perjalanan darat adalah sekitar 12-15 jam. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan bahwa, jalur darat untuk mencapai Kabupaten Berau dalam tahap perbaikan badan jalan, dan sudah dalam kondisi lebih baik. Dulu banyak badan jalan yang berlubang dan berlumpur, namun sekarang sudah banyak perubahan sehingga waktu tempuh jadi lebih cepat.

2. Jalur udara menuju Kabupaten Berau

Untuk anda yang memiliki waktu sedikit dan tidak memiliki masalah dengan biaya, silahkan anda memilih jalur udara dengan terbang menggunakan berbagai maskapai penerbangan dari Balikpapan ataupun Samarinda menuju Bandara Kalimarau (Kabupaten Berau). Waktu tempuh jalur udara dari Bandara Sepinggan ke Bandara Kalimarau adalah satu jam. Tentunya jika ingin perjalanan Anda tidak terlalu mahal Anda harus sering-sering cari promo tiket murah yang bisa Anda temukan di situs-situs online salah satunya Anda bisa cek di www.reservasi.com siapa tahu Anda bisa mendapatkan tiket murah menuju Berau.

Setelah sampai ke Bandara Kalimarau, anda dapat meneruskan perjalanan dengan travel menuju Tanjung Batu dengan durasi dua sampai tiga jam. Biaya travel menuju Tanjung Batu adalah sekitar Rp 75.000. Dari Tanjung batu, anda dapat menyeberang ke Kepulauan Derawan dengan speed boat yang dapat berisi empat sampai lima orang dengan biaya Rp 100.000 sekali jalan atau kapal cepat bila Anda dating bersama rombongan dengan biaya sewa sekitar Rp 3.900.000 untuk bisa mengeliling keempat pulau nan cantik. Kapal cepat ini bisa menampung sebanyak 20 orang. Waktu tempuh dari Dermaga Tanjung Batu menuju Dermaga Pulau Derawan adalah sekitar 30-45 menit.

Setibanya di Pulau Derawan, Anda bisa menyewa speed boat untuk menuju Pulau Kakaban, Sangalaki, dan Maratua. Namun karena Bahan Bakar Minyak (BBM) yang langka maka harga sewa speed boat di sini lumayan cukup mahal. Ongkos sewa speed boat kecil ke tiga pulau tersebut untuk satu hari bisa mencapai 1,5 juta Rupiah.

Selain masalah transportasi, mahalnya harga beras disana membuat biaya makan di Derawan harus benar-benar Anda perhatikan. Tapi untuk makanan seafood Anda tidak usah khawatir karena harganya sangat murah.

Jadi agar lebih hemat, Anda bisa membawa beras secukupnya dan mini cooker multifungsi yang bisa dibawa ke mana saja. Dengan itu, Anda bisa memasak nasi, menggoreng, atau merebus menggunakan listrik gratis yang disediakan di penginapan Anda.

Akan lebih hemat lagi, jika Anda membawa alat pancing sendiri ke Derawan. Tidak perlu yang mahal, Anda cukup membawa alat pancing sederhana seperti benang dan kail karena banyak penduduk lokal yang hobi memancing dengan peralatan sederhana di dermaga pulau Derawan menjelang sore hari. Anda bisa bergabung dengan mereka untuk sama-sama memancing sambil menikmati sunset cantik di pulau nan indah.

Selamat mencoba dan selamat menikmati surga alam yang indah di Pulau Kalimantan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s