10 Shortcut Terbaik Photoshop

Photoshop menyediakan banyak cara dalam melakukan sebuah perintah. Tidak suka klik menu, ada klik kanan, ada juga shortcut. Pengguna Photoshop mahir sudah menghafal shortcut Photoshop di luar kepala, tanpa perlu berfikir lagi. Shortcut-shortcut ini kadang tidak akan Anda temukan di buku ataupun manual Photoshop. Berikut adalah 10 shortcut terbaik Photoshop versi Desaindigital yang sudah seharusnya Anda hafal.

1. Zoom Layar

Untuk zoom layar, gunakan shortcut Ctrl + 1 untuk menampilkan gambar di tampilan 100%, yaitu sesuai ukuran pixel aslinya. Untuk melihat semua bagian gambar, gunakan Ctrl + 0. Jika Anda sedang melakukan transformasi dan bingkainya hilang, gunakan juga Ctrl + 0 untuk menampilkannya.

2. Mengisi Layer

Untuk mengisi layer, kita gunakan perintah Edit > Fill. Selanjutnya, pilih isiannya, bisa warna tertentu, pola, atau warna background dan foreground. Untuk langsung mengisi dengan warna foreground atau background, gunakan shortcut Alt + Delete dan Ctrl + Delete.

3. Meratakan Layer

Untuk menyederhanakan layer, kita bisa menyatukan semuanya. Tekan Ctrl + E untuk menggabungkan layer aktif denganlayer di bawahnya. Jika ingin menyatukan semua pixel terlihat ke dalam satu layer, tanpa mempengaruhi layer-layer yang sudah ada, tekan Ctrl + Shift + Alt + E. Jika ingin membuang semua layer dan menjadikannya satu layer saja, tekan Ctrl + Shift + E.

4. Modifikasi Seleksi

Tekan Spasi ketika membuat seleksi untuk menggesernya. Jika sudah ada seleksi, lalu Anda ingin menambahkan seleksi baru, tahan Shift. Untuk mengurangi, gunakan Alt dan untuk membuat perpotongan seleksi tahan Shift + Alt.

5. Tool Move, Hand, dan Zoom

Anda bsia beralih sementara ke Tool Hand dengan menekan Ctrl. Tahan Ctrl + Spasi atau Spasi untuk beralih sementara ke Tool Zoom atau Hand. Ini berlaku juga ketika ada kotak dialog yang aktif. Fitur yang cukup berguna.

Shortcut Photoshop favorit.
Shortcut Photoshop favorit.

6. Ukuran Brush

Tekan [ atau ] untuk memperkecil atau memperbesar ukuran brush. Ini berlaku semua tool yang berbasis brush, misalnya Tool Brush, Pencil, Eraser, Dodge, dan lain-lain. Jika ditambahkan Shift, jadi Shift + ] dan Shift + [, maka Anda akan mengatur Hardness atau Flow tool yang sedang aktif.

7. Semua Blend Mode

Aktifkan pilihan blend mode lalu tekan Panah Atas atau Panah Bawah untuk menelusuri semua blend mode yang tersedia. Anda bisa juga menggunakan Shift + Alt + + atau Shift + Alt + –. Semua blend mode juga punya shortcut, misalnya Shift + Alt + N untuk Normal, Shift + Alt + O untuk  Overlay, sisanya cari saja sendiri (saya tidak hafal semua). Shortcut ini berlaku untuk semua yang memiliki blend mode, tool atau layer. Jika tool aktif tidak memiliki pilihan blend mode, misalnya Tool Lasso, maka yang terpengaruh adalah blend mode layer.

8. Mengatur Opacity dan Fill

Tekan 8 untuk Opacity: 80%, 5 untuk Opacity: 50%, 4 lalu 3 untuk Opacity: 43%, dan 0 untuk Opacity: 100%. Jika ditambahkan Shift, maka Anda mengatur Fill. Tekan Shift + 5 untuk Fill: 50%, dan seterusnya. Ini berlaku untuk semua tool yang memiliki pilihan Opacity dan tentunya untuk layer.

9. Menduplikasi Layer

Tekan Ctrl + J untuk menduplikasi layer aktif. Ingat J untuk Jump, karena layer yang diduplikasi seolah meloncat. Jika Anda memiliki area terseleksi, tekan Ctrl + Shift + J untuk memotongnya ke layer baru. Efeknya sama seperti perintah Layer > New > Layer via Cut. Cara lain menduplikasi layer adalah dengan menggesernya ke atas ikon New Layer atau dengan klik kanan dan pilih Duplicate Layer. Tentu saja, ini cara kuno yang menghabiskan waktu 2 detik (fiuh!).

Ctrl + J untuk menduplikasi layer.
Ctrl + J untuk menduplikasi layer.

10. Mode Layar

Terakhir, Anda bisa mengubah tampilan area Photoshop. Tekan F untuk mencoba semua mode layar. Anda bisa menghilangkan semua interface Photoshop, sehingga tampil bersih. Kita menyebut ini mode presentasi. Anda bisa bekerja dengan shortcut dan membingungkan orang lain. Hey, dia sedang mengedit dengan program apa ya? Untuk mengembalikan panel, tekan Tab. Tekan Shift + Tab untuk memunculkan hanya Option Bar dan Toolbox saja.

Bagaimana, punya shortcut favorit yang tidak disebutkan di sini? Tuliskan di komentar, bisa jadi saya sendiri belum mengetahuinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s