Menambahkan Chat ke dalam Blog dengan Subiz

Review ini disponsori oleh subiz dan menyajikan pengalaman penulis dalam menggunakannya.

Jika situs Anda menuntut perhatian penuh pada pelayanan konsumen, misalnya penyedia hosting, chat adalah salah satu fitur wajib yang perlu ditambahkan. Chat bisa ditambahkan dengan mudah menggunakan subiz. Artikel ini akan membahas subiz secara cukup mendalam, baik dari sisi pengguna atau pengelola chat.

artikel-chat-live-subiz-01

Memasang Subiz

Setelah Anda daftar di subiz, Anda akan langsung disuguhi dengan kotak dialog berisi kode script yang harus dipasang di situs. Script ini dipasang sebelum tag /body. Untuk cara pemasangannya, lihat dokumentasi theme situs Anda. Anda juga bisa menggunakan plugin, namun biasanya ini akan membuat situs load lebih lambat. Saya lebih menyarankan Anda untuk menggunakan script.

artikel-chat-live-subiz-02

Begitu script dipasang, jendela chat subiz langsung muncul. Sangat mudah, saya benar-benar terkesan dengan kemudahannya. Secara default, subiz tampil di pojok kanan bawah situs dengan warna aksen biru.

artikel-chat-live-subiz-03

Pengunjung tinggal mengklik tombol chat dan menuliskan pertanyaannya.

artikel-chat-live-subiz-04

Desainnya sudah responsif, mendukung berbagai resolusi. Berikut adalah tampilan subiz di Android.

artikel-chat-live-subiz-05

artikel-chat-live-subiz-06

Dashboard Admin Subiz

Semua pengaturan subiz bisa dilakukan pemiliknya secara terpusat di dashboard situs subiz. Pertama kali, akan diperlihatkan daftar pengunjung Anda secara real time.

artikel-chat-live-subiz-07

Jika ada ajakan chat, langsung muncul notifikasi dan bisa dimunculkan dalam jendela khusus di dashboard.

artikel-chat-live-subiz-08

Pengunjung bisa langsung mengajak chat secara anonim. Jika mau, pengunjung bisa juga login dengan identitas email atau lewat Facebook dan Google Plus. Anda bisa melihat identitas mereka, lengkap dengan avatarnya, dalam jendela chat di dashboard.

artikel-chat-live-subiz-09

artikel-chat-live-subiz-10

Melalui widget chat subiz, pengunjung bisa mengirimkan file. Ini fitur yang menarik karena tentu saja menghemat waktu, lebih cepat daripada mengirim attachment ke email.

artikel-chat-live-subiz-11

artikel-chat-live-subiz-12

Chat bisa ditutup oleh agen (istilah subiz untuk operator chat) dengan mengklik tombol X di pojok kanan atas jendela chat.

artikel-chat-live-subiz-13

Transkrip chat berikut detailnya bisa dikirimkan ke email.

artikel-chat-live-subiz-14

Pengaturan email tujuan transkrip chat bisa diatur dalam Settings > General Settings. Untuk menonaktifkan fitur pengiriman transkrip chat, klik Edit dan kosongkan pilihan email. Pastikan Anda merefresh tampilan browser karena jika tidak pilihan email akan tetap muncul. Bagian ini sempat membingungkan saya, sebaiknya subiz mulai memikirkan cara untuk memperbaikinya.

artikel-chat-live-subiz-15

Widget Chat

Tampilan widget chat bisa diatur agar sesuai dengan tema situs kita. Anda bisa memilih warna aksen yang digunakan, menambahkan link twitter dan facebook, dan juga menambahkan logo.

artikel-chat-live-subiz-16

Secara default, tampilan tombol chat mengikuti trend desain flat. Tapi, Anda bisa mengubahnya. Anda juga bisa memasukkan gambar ke dalam tombol chat. Contohnya bisa Anda lihat di situs subiz. Tapi, sebaiknya Anda berhati-hati. Gambar ini bisa saja mengalihkan perhatian pengunjung dari isi situs. Kecuali jika Anda memang ingin memberi penekanan pada fitur chat, bukan fokus pada isi situs.

artikel-chat-live-subiz-17

artikel-chat-live-subiz-18

Detail-detail lain pada widget chat bisa Anda ubah, termasuk teks default yang digunakan.

artikel-chat-live-subiz-19

Di bawah adalah tampilan widget chat yang telah dilengkapi dengan warna custom, avatar, dan logo situs. Entah kenapa, logo situs malah menghalangi teks. Ini jelas perlu diperbaiki oleh subiz.

artikel-chat-live-subiz-20

Agen Chat

Operator chat disebut dengan istilah agen. Status aktivitas agen bisa diubah ke Away ketika tidak online. Dalam kondisi ini, jendela chat tidak aktif dan otomatis beralih ke formulir kontak yang akan dikirimkan ke email.

artikel-chat-live-subiz-21

artikel-chat-live-subiz-22

Anda bisa menambahkan hingga 100 orang agen yang bisa dibagi ke dalam beberapa departemen.

artikel-chat-live-subiz-23

Profil setiap agen bisa dilengkapi dengan foto profil dan keterangan. Agen terbagi ke dalam beberapa type yang memiliki kewenangan berbeda, dengan Administrator sebagai yang tertinggi.

artikel-chat-live-subiz-24

Laporan Chat

Dashboard subiz juga menyediakan halaman laporan yang cukup lengkap. Mencakup jumlah chatting yang dilakukan berikut ratingnya. Ini tentu akan berguna untuk menganalisa efektifitas chat.

artikel-chat-live-subiz-25

Aplikasi Chat

Agen tidak harus melakukan chat via dashboard, bisa saja menggunakan aplikasi lain. Aplikasi yang tersedia cukup lengkap, untuk Windows, Mac OS X, dan juga perangkat mobile. Sayangnya, mereka berbeda-beda. Saya berharap subiz membuat aplikasinya sendiri sehingga lebih konsisten dan mudah digunakan.

artikel-chat-live-subiz-26

Referral

Jika Anda mau, bisa juga memperoleh tambahan dollar dengan ikut menawarkan subiz ke pengunjung melalui sistem referral. Anda akan memperoleh 15% untuk setiap transaksi yang dilakukan.

artikel-chat-live-subiz-27

Kesan Terhadap Aplikasi Chat Subiz

Setelah mencoba subiz, saya merasa puas dengan kemudahan instalasi dan penggunaannya. Saya sarankan Anda untuk mencobanya gratis selama 30 hari. Siapa tahu bisa membuat situs Anda lebih hidup. Selain untuk chat, subiz juga bisa Anda gunakan sebagai alternatif pengganti kontak form situs.

Saya juga berharap ada aplikasi khusus yang didesain langsung oleh subiz untuk mempermudah chat, terutama untuk di app mobile. Saya membayangkan dapat dengan mudah chatting dengan pengunjung situs ini menggunakan aplikasi Android sambil berbaring di atas kasur. Oh, nyamannya.

artikel-chat-live-subiz-28

artikel-chat-live-subiz-29

Iklan

2 thoughts on “Menambahkan Chat ke dalam Blog dengan Subiz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s