Konversi Banyak File ke JPEG dengan Adobe Bridge dan Photoshop

Setiap kali saya menulis tutorial, biasanya akan berakhir dengan setidaknya seratus file screenshot dalam format TIFF. Hasil akhir tutorial akan menggunakan format JPEG. Mengkonversinya satu per satu akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Kondisi ini juga banyak terjadi pada para fotografer yang mengambil foto dalam format mentah semacam TIFF atau desainer yang berkerja dengan file PSD atau TIFF. Ada cara mudah untuk mengkonversi banyak file sekaligus ke format JPEG dengan bantuan Adobe Bridge dan Adobe Photoshop.

Tutorial

Langkah 1

Buka Adobe Bridge. Anda akan memperoleh software ini berbarengan dengan program Photoshop. Seleksi file-file yang akan dikonversi. Klik lalu shift-klik untuk menambahkan pilihan file. Gunakan Ctrl + A untuk memilih semua file dalam folder. Klik menu Tools > Photoshop > Image Processor.

Langkah 2

Kotak dialog berikut akan terbuka di Photoshop. Karena kita tidak akan melakukan editing apa pun –langsung mengubahnya menjadi JPEG– kosongkan pilihan Open First Image…. Anda bisa menyimpan file JPEG di folder yang sama dengan file asli. Jika ingin lebih teratur, Anda bisa menyimpannya di folder terpisah dengan klik pilihan nomor 2, Select Folder.

Langkah 3

Anda langsung memilih folder tempat penyimpanan file JPEG. Semua file baru akan disimpan di subfolder bernama JPEG.

Langkah 4

Di pilihan nomor 3, Anda perlu menentukan pilihan tipe file. Tentu saja kita pilih JPEG. Atur Quality hasil akhir file JPEG. Biasanya 5 sudah cukup seimbang antara kualitas dan ukuran filenya.

Ada pilihan lain untuk mengubah format file ke TIFF atau PSD. Pilihan kedua, format TIFF biasanya digunakan jika file akan diimport ke program publishing.

Langkah 5

Klik tombol Run. Tunggu beberapa saat. Saat ini, Photoshop akan sibuk bekerja sendiri, mengambil file-file lalu mengeditnya. Begitu selesai, file JPEG sudah tersedia di folder yang telah Anda tetapkan.

Iklan

3 thoughts on “Konversi Banyak File ke JPEG dengan Adobe Bridge dan Photoshop

  1. Request tutorial cara untuk Save As for Web dari Bridge agar kita bisa sekaligus simpan beberapa file untuk nantinya diupload ke website.

  2. Kalau file-file itu akan disimpan dalam format JPEG, sebetulnya cukup dengan cara ini saja.

    Perintah Save for Web akan efektif kalau dilakukan secara manual dengan memperhatikan kualitas masing-masing gambar, bukan untuk produksi masal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s