Mendesain Monster Berkarakter Khas Sunda

Tutorial ini adalah hasil kolaborasi dengan desainer berbakat dari Bandung, Bey Hasan. Bey mendesain sebuah maskot berupa karakter monster dengan gaya khas suku Sunda. Tutorial ini membahas proses pembuatannya secara lengkap, mulai dari penjabaran konsep, proses sketsa, pewarnaan, hingga sentuhan akhirnya. All credits goes to Bey karena saya sendiri sama sekali tidak bisa mendesain karakter.

Preview

Berikut adalah hasil akhir yang diperoleh.

final.jpg

Sebagian Langkah dalam Tutorial

Proses pengerjaannya dimulai dengan mengeksplorasi karakter maskot. Pertama, kita melihat contoh karakter sukses dari Sunda, yaitu Si Cepot dalam wayang golek, lalu mengamati ciri khasnya. Berikutnya kita melihat juga kondisi real dalam masyarakat Sunda yang memiliki ciri khas menggunakan sarung kotak-kotak.

Dilanjutkan proses tradisional menggambar sketsa karakter dengan kertas dan pensil 2B. Kemudian gambar ini discan dan ditrace ulang di Photoshop.

Selanjutnya dilakukan proses pewarnaan. Proses ini dilakukan secara bertahap. Mulai dari menambahkan warna dasar lalu diikuti dengan highlight dan shadow.

Link Tutorial

Iklan

2 thoughts on “Mendesain Monster Berkarakter Khas Sunda

  1. Akang, kalau seperti ini hasilnya lebih mirip monster JAWA, coba akang kasih tambah senjata kujang, maka khas Sunda akan terlihat, atau kalau akang ubah pakai senjata keris, jadilah orang jawa, clurit jadilah orang madura. Bikin senjatanya yang gede kang, kan monster… senjata harus mengerikan … tapi imut … hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s