Link Minggu Ini 150511

Berikut adalah daftar tutorial, inspirasi desain, artikel, dan resource desain menarik yang saya temukan selama minggu ini. Semua link ini saya anggap berguna dan memperkaya wawasan.

[hr]

1. Tutorial

Link Minggu Ini 150511

Creating an Expressive Painting Using a Freestyle Method in Photoshop

Tutorial ini memperlihatkan cara membuat lukisan menggunakan kombinasi berbagai brush splatter.

[hr]

2. Inspirasi

Link Minggu Ini 150511

The 90 Year Evolution of Movie Posters

Sebagaimana perubahan dalam gaya film, desain poster film pun berubah. Dalam artikel, kita bisa melihat berbagai poster mulai dari tahun 1920 hingga era sekarang.

[hr]

3. Resource Desain

Link Minggu Ini 150511

35 Free Symbols, Minimalist and Pictogram Icon Sets

Koleksi 35 set ikon minimalis yang bisa digunakan dalam projek Anda.

[hr]

4. Artikel

Link Minggu Ini 150511

Why Minimalism is the Most Important Design Style to Master

Desain minimalis sedang trend saat ini dan tentunya setiap desainer perlu menguasainya. Namun, ada alasan lain kenapa desain minimalis wajib menguasainya. Desain minimalis sangat bergantung pada konsep dasar yang harus dipahami setiap desainer, seperti white space, tipografi, atau sistem grid. Menguasai desain minimalis berarti desainer bisa secara maksimal memanfaatkan prinsip dasar desain.

Link Minggu Ini 150511

7 Realita Desain Grafis

Artikel ini membahas realita yang terjadi di dunia desain. Faktanya, desain tidak seideal pikiran para desainer. Mendesain tidak bisa dilepaskan dari tuntutan klien yang sering kali berlawanan dengan prinsip desain yang baik.

Link Minggu Ini 150511

10 Rock Solid Website Layout Examples

Desain web sangat mementingkan fungsi dan bukan sekadar penampilan artistik. Dalam kondisi nyata, ada sepuluh layout desain web yang terbukti berhasil. Artikel ini memperlihatkan juga contoh situs-situs yang menggunakan kesepuluh layout tersebut.

Iklan

3 thoughts on “Link Minggu Ini 150511

  1. Saya sempat mampir dan membaca artikel 7 Realita Desain Grafis. Ya, idealisme dan uang adalah dua kutub yang selalu bertentangan. Bisa berjalan secara selaras asal ada kompromi2 di dalamnya.

    Saya akan berikan contoh real prakteknya di lapangan, di dalam toko saya. Tujuan desain (visual merchandising) di toko saya selain untuk memperindah toko juga ujungnya untuk menarik emosi pengunjung toko agar membeli barang dagangan yang ada di toko kami.

    Jika desain tak bisa melakukan tugasnya untuk menciptakan penjualan, ya akhirnya percuma. Toko bukan galeri seni yang hanya memajang seni, tapi untuk mencari uang. Inilah dunia bisnis. Real bisnis. Jadi pada akhirnya semuanya memang berakhir menuruti selera usernya. Betul? 🙂

  2. Desain memang harus fokus pada fungsi. Namun, klien juga seharusnya mengakui bahwa desainer-lah yang lebih paham tentang fungsi desain. Sederhana saja, itulah sebabnya dia mempekerjakan desainer. Kalau lebih ngerti, kenapa tidak mendesain sendiri? 🙂

    Akhirnya dilihat dari sisi desainer: Ada pekerjaan yang diterima karena idealismenya-ingin hasil yang sempurna. Ada pekerjaan yang diterima karena bayarannya. Yang pertama akan masuk portfolio. Yang kedua, mungkin dia ga akan mau mengakui bahwa itu karyanya.

    Untuk kasus di toko Pak Joko. Memang itulah tugas desain, meningkatkan penjualan. Kalau yang disewa toko bapak itu seniman, dia tidak akan berfikir tentang menjual. Yang dia pikirkan adalah keindahan karya seninya saja. Kalau memang desainer, dia harus berfikir bagaimana supaya desainnya meningkatkan penjualan toko.

    Bahkan ada cerita menarik tentang desain pak. Sayang saya lupa lagi link aslinya. Ada sebuah kota kecil yang menggantungkan pendapatannya dari bisnis cafe. Singkat kata, mereka mempromosikan pariwisata sehingga ada banyak wisatawan yang datang. Ternyata, efeknya pendapatan cafe turun karena pengunjungnya terlalu banyak dan mereka betah duduk di sana. Selanjutnya, dilakukan proses redesain. Semua kursi di cafe diganti dengan kursi yang tidak nyaman, sehingga pengunjung tidak betah duduk lama. Akhirnya pendapatan cafe kembali meningkat. Ini termasuk contoh desain yang berhasil karena berfungsi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s