Link Minggu Ini 060311

Berikut adalah daftar tutorial, inspirasi desain, artikel, dan resource desain menarik yang saya temukan selama minggu ini. Semua link ini saya anggap berguna dan memperkaya wawasan.

[hr]

1. Tutorial

Link Minggu Ini 060311

Vintage Badge in Illustrator and Photoshop

Tutorial apik dari Abduzeedo memperlihatkan cara pembuatan badge vintage menggunakan Photoshop dan Illustrator.

Link Minggu Ini 060311

Case Study: District With You & Me by Man-Tsun

Ini sebetulnya bukan tutorial tapi studi kasus pembuatan illustrasi sebuah jalan. Studi kasus penting untuk memahami cara kerja desainer di dunia kerja.

Link Minggu Ini 060311

CSS Typography: The Basics

Tutorial CSS ini membahas dasar tipografi. Semua dijelaskan secara lengkap mulai dari parameter CSS hingga font stack.

2. Inspirasi

Link Minggu Ini 060311

Inspirational eCommerce Web Designs

Koleksi situs e-commerce dengan desain yang sangat menarik.

3. Resource Desain

Link Minggu Ini 060311

Senna Helmet

Helm Ayrton Senna yang digambar dengan Photoshop. Sangat mirip dengan aslinya!

4. Artikel

Link Minggu Ini 060311

5 Pitfalls to Avoid for New Web Designers

Web desainer pemula sering kali terlalu bersemangat dan melakukan berbagai langkah ambisius yang malah menjerumuskannya. Di sini dibahas berbagai kesalahan yang harus dihindari para desainer pemula.

Link Minggu Ini 060311

Start Now, Planning for a Freelancer’s Retirement

Suatu saat, semua orang harus pensiun termasuk pekerja freelance. Pekerja freelance berbeda dengan pekerja kantoran yang sudah memiliki jatah khusus untuk pensiun, dia harus merencanakannya sejak awal.

Link Minggu Ini 060311

Legal Guidelines for Freelance Web Designers

Pekerja freelance tidak cukup hanya berurusan dengan pekerjaan saja, dia juga harus bisa menangani kontrak kerja. Kontrak kerja yang tersusun dengan baik akan membuat kedua pihak merasa aman.

Link Minggu Ini 060311

Why Designers Should not Work Alone

Desainer freelance biasanya merasa sebagai orang yang berbakat, bisa bekerja keras, dan bermotivasi tinggi. Jika melihat dari portfolionya, tentu saja! Tapi ini tidak berarti bahwa dia bisa bekerja sendirian. Ada beberapa alasan kenapa desainer harus bekerja sama dengan yang lain.

Link Minggu Ini 060311

Simbol dalam Tipografi

Tahukah Anda bahwa ampersand awalnya berasal dari kata et –kata latin yang berarti dan– kemudian berevolusi menjadi bentuk yang sekarang ini? Ada banyak informasi menarik di artikel ini.

Iklan

11 thoughts on “Link Minggu Ini 060311

  1. Saya ingin mencoba Ampersand tapi kalau dipadukan dengan theme saya kok rasanya belum begitu cocok… Kalau tentang freelancer web designer gak bisa komeng deh…

  2. Kalau yang artikel tentang desainer harus bekerja sama dengan yang lain, saya sependapat. Meski desainer freelance bisa dikatakan adalah rata-rata single fighter tapi prakteknya bukan berarti tidak berkerjasama atau tidak membutuhkan bantuan orang lain sekali waktu.

    Kalau pendapat saya tidak semata-mata karena alasan adanya keterbatasan pada skill tertentu saja tapi yang sering terjadi bisa juga karena alasan banjir job sehingga harus berkolaborasi atau membaginya dengan orang (desainer) lain.

    Contoh, saya punya teman web developer seringkali juga melakukan hal itu melakukan kolaborasi dengan beberapa desainer lain untuk sebuah project dalam membuat atau mendesainer web pesanan kliennya.

    “Just like everything else in this world, there will come a time when you cannot handle everything on your own. By that time, you will become too comfortable with working alone that you’ll find yourself uncomfortable with other people and you won’t be able to work with them. Worst case scenario: Irritability, fatigue, feelings of hopelessness, and inactivity. Plus you’ll no longer be able to enjoy what you usually find enjoyable. In other words, you’ll lose interest!”

    Kutipan di atas sangat masuk akal. Bagaimana kalau Mas Jeprie sendiri? Apakah semua project (job) masih mampu ditangani sendiri, Mas?

  3. Saya selama ini lebih suka bekerja sendiri. Saya bukan tipe orang yang bisa bekerja sama dengan baik tapi sekarang mencoba untuk memperluas dengan mengajak desainer atau programmer lain.

    Masalah paling sulit bagi saya adalah memberikan kepercayaan pada orang lain. Saya sudah punya standar kerja yang saya tidak yakin bisa diterima orang lain. Saya akui ini sikap yang buruk, apalagi setelah membaca artikel itu. Sedikit demi sedikit saya juga harus belajar untuk bekerja sama.

    Lose interest. Kehilangan minat, itu adalah faktor yang paling saya takutkan. Saat ini pekerjaan saya murni berbasis pada hobi, jadi jika tidak ada lagi minat akan sangat berat buat saya.

  4. Penggunaan ampersand menurut saya lebih ke sekadar pemanis. Mungkin akan terlihat bagus tapi jika terlalu banyak digunakan akan terlihat mencolok dan mengganggu fokus pada tulisan lain.

    Saya pribadi lebih suka menggunakan “dan” biasa. Ampersand akan lebih baik jika digunakan dalam thumbnail artikel atau judul.

  5. FYI, ampersand digunakan untuk mengatasi kata “dan” yang berlebihan. Misalnya kita menulis sebuah kalimat dengan dua kata “dan”, salah satunya bisa diganti dengan ampersand. CMIIW

  6. @Ardianzzz:

    Jadi dalam kalimat semacam ini:
    Saya bekerja sebagai desainer dan blogger di situs A, situs B, & situs C.

    Saya kira tidak.

    Halaman ini membahas penggunaan ampersand.

    The ampersand (&) is an often over-used abbreviation for the word and. Its use should be limited to a few situations.

    We use an ampersand:

    in certain company names; e.g. Smith & Jones Consulting;
    if space is very limited; e.g. in a table with a lot of text;
    when artistic considerations dictate; e.g. a logo; and
    in some academic references; e.g. (Grant & Smith, 1998).

    Do not use an ampersand in general writing simply to abbreviate the word and. For example, we write:

    We need to reorder toner cartridges and paper.

    not:

    We need to reorder toner cartridges & paper.

  7. Nah, saya coba baca freelance-nya. hitung2 menambah wawasan sebelum berhenti kerja… Info menarik, makasih share-nya mas.

  8. Dari semua list artikel di atas, saya paling suka baca ‘CSS Typography: The Basics’. Walau agak panjang, namun cara penyajiannya enak sekali dan sangat mudah dimengerti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s