Link Minggu Ini 130211

Berikut adalah daftar tutorial, inspirasi desain, artikel, dan resource desain menarik yang saya temukan selama minggu ini. Semua link ini saya anggap berguna dan memperkaya wawasan.

[hr]

1. Tutorial

Create a Detailed Meteorite and Surrounding Space Environment in Photoshop

Tutorial ini menjelaskan cara pembuatan batu meteor hanya menggunakan Photoshop.

Link Minggu Ini 130211

2. Inspirasi

10 Creative Uses of the New Facebook Profile

Di artikel ini diperlihatkan beberapa cara kreatif dengan gambar di layout baru profil Facebook.

Link Minggu Ini 130211

3. Resource Desain

The anatomy of a WordPress theme

Infografik menjelaskan anatomi dari theme wordpress.

Link Minggu Ini 130211

4. Artikel

Useful Resources and Tips for Managing Your Virtual Staff

Seorang pekerja freelance biasanya memulai bisnisnya sendiri. Setelah mulai sibuk, barulah dia memulai outsource ke rekan-rekan yang juga dikenalnya online. Artikel ini menjelaskan beberapa tips dan sumber daya yang diperlukan untuk mengatur para pekerja online.

8 Tips for Freelance Designers to Get Paid Faster

Agar cepat dibayar ada beberapa tip yang harus diketahui seorang pekerja freelance. Misalnya menambahkan denda jika ada keterlambatan dan mengetahui pihak yang menangani pembayaran.

Iklan

6 pemikiran pada “Link Minggu Ini 130211

  1. Tip kepada freelance yang menambahkan denda jika ada keterlambatan, ini yang paling menarik menurut saya. Saya baru dengar ini. HeHeHe 🙂

    Tapi saya menganggap para pekerja freelance sudah berada dalam quadrant sejajar dengan quadrant owner atau pemberi kerja jadi sah-sah saja kalau melakukan ini. Terlebih kalau kita punya skill tinggi yang jarang dipunyai orang kebanyakan. Yang tentu saja banyak perusahaan yang berebut memakai jasa kita. Disinilah kita bisa pasang tarif dan sedikit jual mahal dan tentu tak ada salahnya memberikan denda jika ada keterlambatan pembayaran.

    Namun, prakteknya agak susah kayaknya Mas Jeprie. Terutama kalau berhubungan dengan perusahaan lokal. Karena masalah denda mendenda ini rananya pada masalah perdata. Contoh serupa di dalam pekerjaan saya, kontrak proyek meski MoU (perjanjian) mencantumkan adanya denda keterlambatan proyek ini tapi prakteknya tetap jarang diberlakukan. Alasannya cukup ribet untuk memberlakukannya.

  2. Saya ga tau pak kalau dengan klien lokal. Bisa jadi mereka memang kurang menghargai pekerja freelance atau mungkin sudah terbiasa tidak terikat jadwal.

    Ancaman-ancaman dalam kontrak memang sifatnya sekadar ancaman saja. Untuk direalisasikan hingga ke ranah hukum pastinya sulit, apalagi jika kliennya di luar negeri. Sikap ini hanya sebagai penegasan bahwa kita benar-benar serius dengan pekerjaan kita.

  3. Artikel tentang anatomi theme wordpress itu ternyata pakai gambar sebagai cara untuk menjelaskannya. Menarik sekali. Gambarnya juga sangat mempermudah pemahaman bagi yang masih agak awam soal struktur theme wordpress.

  4. Sepertinya memang akan menjadi tren baru 😛
    Dari sisi kemudahan ‘scanning’ atau pemindaian bagi user, saya rasa pengggunaan grafik atau gambar sangat bagus. Apalagi jika gambarnya mengandung informasi yang padat dan terstruktur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s