Tips Menghadapi Acara Offline

Beberapa hari lalu saya mengikuti WordCamp ID 2011 di Bandung. Saya belajar banyak dari para pembicara. Selain itu saya juga bertemu dengan para desainer dan blogger yang biasanya hanya saya kenal secara online. Di sini, saya akan berbagi tips cara memaksimalkan acara offline agar perjalanan Anda tidak sia-sia.

[hr]

Apa yang bisa Anda peroleh dari pertemuan offline

1. Pengetahuan Baru

Materi-materi yang disajikan para pembicara tentu saja akan memberi Anda informasi baru. Pastikan saja bahwa materi yang dibahas sesuai dengan minat dan bidang yang Anda tekuni. Lihat juga daftar pemateri yang akan datang, presentasi langsung dari ahlinya tentu akan lebih menarik dan memuaskan.

2. Membangun Jaringan (Networking)

Membangun jaringan biasanya tidak menjadi agenda utama sebuah acara. Di akhir atau di sela-sela acara, Anda bisa menggunakan waktu yang tersedia untuk berbincang-bincang dan mencari kenalan yang bisa menjadi partner potensial Anda. Dalam kasus tertentu, bisa jadi networking lebih penting bagi Anda daripada seminar-seminar di agenda acara.

Kehidupan online memang menyenangkan, Anda bisa ngobrol dengan desainer terkemuka via twitter atau saling berkomentar di facebook. Tapi itu semua tidak nyata (atau setidaknya begitu menurut saya). Berbeda dengan interaksi online, bertemu secara langsung —face to face— akan melibatkan gestur, gaya bicara, sikap, dan banyak hal lain yang jika dilakukan dengan baik bisa lebih mengesankan.

3. Menyegarkan Pikiran

Walaupun menyenangkan, terlalu banyak di depan komputer tidaklah terlalu sehat. Ada saatnya untuk berhenti sejenak dan menikmati kehidupan nyata. Ada banyak cara untuk menyegarkan kembali pikiran Anda, salah satunya dengan acara offline.

[hr]

Tips Menghadapi Pertemuan Offline

1. Tentukan Tujuan Anda

Mulai dengan menentukan tujuan Anda. Pastikan bahwa acara yang akan diikuti sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sia-siakan waktu Anda untuk mengikuti pertemuan yang tidak perlu. Lihat daftar pembicara jika Anda memang berniat mencari informasi. Cari informasi pengunjung yang akan datang jika Anda ingin fokus pada membangun jaringan.

2. Periksa Jadwal Anda

Anda tidak mungkin mengatur jadwal acara, Satu-satunya yang mungkin hanyalah mengatur jadwal Anda sendiri. Jika ada deadline yang harus dipenuhi sebaiknya bereskan itu segera. Jangan sampai Anda disibukkan dengan pekerjaan ketika berada di tengah pertemuan.

Perhitungkan juga jika acara ini bisa mengganggu jadwal Anda berikutnya? Ini bisa terjadi jika acara ini membutuhkan banyak energi misalnya karena jarak yang jauh atau durasinya lama.

3. Umumkan Kedatangan Anda

Umumkanlah kedatangan Anda untuk mempermudah rekan online yang ingin bertemu. Sebelum berangkat ke WordCamp, saya mengumumkan kepergian saya melalui sebuah posting khusus, bahkan menawarkan buku gratis bagi yang mengenali saya. Langkah iseng ini ternyata membantu saya. Pengumuman ini membuat saya didekati beberapa orang tanpa perlu saya mengawali. Berita bagus bagi saya yang sulit bergaul. Tentu saja Anda tidak harus mengumumkan lewat posting blog, pengumuman via twitter sudah cukup.

4. Siapkan Alat Pendukung

Jangan lupa untuk menyiapkan alat yang bisa membantu Anda di pertemuan. Jika tidak memberatkan, Anda bisa membawa notebook atau netbook. Jangan lupakan ballpoint dan buku catatan, ini lebih mudah daripada mencatat di komputer.

5. Siapkan Kartu Nama

Untuk membantu proses networking, siapkan kartu nama. Kartu nama saya temukan membantu dalam percakapan dengan orang yang baru Anda kenal. Nama mudah sekali mereka lupakan, biasanya mereka akan mengintip kartu nama ketika akan menyebut nama kita. Kartu nama akan membantunya menghindari kejadian memalukan seperti salah menyebut nama.

6. Munculkan Wajah Anda dalam Avatar

Dalam pergaulan online, kita hanya dikenal dalam bentuk avatar. Agar Anda mudah dikenali, sebaiknya ubah dulu avatar dengan wajah asli beberapa hari sebelum acara. Ini bisa membantu rekan online mengenali Anda.

7. Menyiapkan Souvenir

Jika Anda punya waktu, kenapa tidak menyiapkan souvenir bagi rekan-rekan online? Tidak perlu mahal-mahal, misalnya stiker berupa logo situs Anda. Souvenir bisa membuat pertemuan dengan Anda lebih mengesankan karena kemungkinan besar tidak ada yang melakukannya. Tentu saja jangan berlebihan dengan souvenir ini, Anda hanya peserta bukan sponsor. πŸ™‚

[hr]

Memiliki tips bagus?

Tips-tips di atas saya temukan sangat membantu dalam merencanakan pertemuan offline. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips lain yang menarik? Jika ada bagikan dalam kolom komentar.

Iklan

17 thoughts on “Tips Menghadapi Acara Offline

  1. Memang salah satu cara yang manjur adalah dengan kartu nama tersebut mas.. Jika kita termasuk yang mempunyai jam terbang tinggi dan jam kerja tinggi di dunia maya.. Pertemuan online harus bener2 efektif dan efisien yang dapat menggantikan aktivitas online kita… Jangan sampai malah lebih merugikan…

    Mungkin tambahan dari saya dalam pertemuan online tersebut apalagi itu pertemuan pertama kita perlu menampilkan dan mendongkrak value kita lebih tinggi dati teman online kita. Semisal mas Jeprie expret di bidang photoshop yang sudah menulis beberapa buku memberi hadiah kepada temen online yang pertama kali mengenali. Dan mungkin memberi sedikit bocoran trik2 khusus photoshop yang nantinya di follow up lain waktu lewat aktivitas online berikutnya..

  2. Untuk yang lebih banyak aktif secara online, pertemuan offline mungkin hanya menjadi tambahan dan tidak akan bisa menggantikan aktivitas online-nya.

    Ya, ada yang terlewatkan. Salah satu cara agar pertemuan offline lebih mengesankan adalah dengan bagi-bagi souvenir.

  3. Pasti acaranya seru, nih Mas Jeprie. Sayang saya tidak bisa datang jadi rasa penasaran saya ingin ketemu Mas Jeprie belum tersalurkan. πŸ˜€

    Iya, yang poin ke-3 Menyegarkan Pikiran itu sangat perlu buat seorang desainer atau para pekerja online yang sehari-hari hanya kerja di depan komputer. Saya punya teman desainer yang suka mengolah dan melihat taman di depan rumahnya. Dan katanya itu sangat membantu membuat fresh kelelahan pada matanya. Terus juga bisa menyegarkan untuk cari ide-ide baru dan segar.

    Saya rasa ke-7 Tips dari Mas Jeprie ini sudah sangat mewakili, bahkan sangat lengkap kalau menurut saya. Saya pun kalau lagi ada pertemuan offline di asosiasi engineer, bekal itu pasti saya bawa semuanya. Kecuali, yang souvenir. πŸ™‚ Karena justru biasanya saya yang malah diberi souvenir dari acaranya.

  4. yang saya lewatkan adalah poin dimana mengganti avatar dengan foto pribadi πŸ˜€ alhasil ketika ketemuan ga kenal muka saya πŸ˜„

    terimakasih artikelnya Om πŸ™‚ bermanfaat sekali,
    kemaren ketemu Om Jeprie diacara WordCampID mengesankan sekali, apalagi ketika ngobrol berbagi ilmu sama @pakzam juga.

  5. Saya juga tergolong orang yang agak sulit bergaul, terutama dengan orang-orang yang belum saya kenal atau kurang begitu dekat. Untuk acara offline, saya rasa persiapan terbaik lainnya yaitu memilih pakaian/busana yang bisa membuat kita merasa senyaman mungkin. Tentunya harus disesuaikan pula dengan tingkat formalitas acaranya. Ini penting agar self-confidence (kepercayaan diri) kita bisa ikut terdongkrak.

  6. Manfaat lain yang saya dapat adalah bisa promosi bisnis yang sedang saya jalani. Memang nggak se-massive iklan di tivi, tapi paling nggak kita sudah membangun kepercayaan melalui word of mouth.

  7. Saya bahkan tidak memikirkan masalah baju pak. Semua sudah dipercayakan pada istri tercinta.

    Kalau pertimbangan saya, biasanya dalam acara freelance biasanya pakaian yang digunakan non-formal, tidak jauh berbeda dengan baju sehari-hari. Untuk jenis acara lain, terutama formal, bisa jadi pakaian sangat penting.

    Terima kasih tambahannya pak. Sama sekali tidak terpikir sebelumnya.

  8. Poin gravatar ini memang terinspirasi dari Mas Syarip. Harusnya saya nulis artikel ini sebelum mengikuti acara, tapi terpikirnya baru sekarang. Mudah-mudahan berguna untuk acara offline berikutnya.

    Terima kasih kunjungannya.

  9. Sebetulnya sebelum acara saya sempat terpikir untuk membuat sticker DesainDigital atau PSDfreemium atau mungkin gantungan kunci. Tapi waktunya sudah terlalu dekat. Mudah-mudahan untuk pertemuan berikutnya saya bisa bagi-bagi souvenir.

    Kalau dibagi souvenir oleh panitia itu biasa pak. Kalau bagi-bagi souvenir apalagi kalau lebih menarik dari souvenir sponsor, ini pasti unik.

  10. tips yang point 3 dan 7 sepertinya paling menarik mas…
    tidak ada yang gratis di dunia ini ,hanya udara saja yang masih gratis,tapi demi sebuah persahabatan,materi berada di urutan belakang….

  11. setuju banget dengan opini trips trik yg di ucapkan bang juprie,networking adalah jalan yang pas untuk kita meraih pencapaian bersama,tanpa ada relasi/partner karya kita tidak ada artinya,karna mereka ikut menilai karakter dan karya2 kita

    salam
    kenal buat semuanya,sukses selalu

    \argatraffic///

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s