Link Minggu Ini 191210

Berikut adalah daftar tutorial, inspirasi desain, artikel, dan resource desain menarik yang saya temukan selama minggu ini. Semua link ini saya anggap berguna dan memperkaya wawasan.

[hr]

1. Tutorial

Tron Legacy Tutorial

Tutorial ini memperlihatkan pembuatan ulang poster film Tron. Dalam tutorial ini dipergunakan Cinema 4D untuk membuat teks 3 dimensi.

Link Minggu Ini 191210

Designing Realistic Interfaces

Tutorial dua bagian ini sangat detail memperlihatkan cara pembuatan desain interface player musik. Penjelasannya sangat detail hingga ke tips dan konsep.

Link Minggu Ini 191210

2. Inspirasi

The Word Art of Juan Osborne

Karya tipografi yang sangat menarik, terlihat seperti karya lukisan tangan biasa.

Link Minggu Ini 191210

3. Resource

Font Collection: 10 Free Bold and Beautiful Script Fonts

Ini adalah bagian dari seri artikel font gratis yang ditulis Jacob Gube. Jacob mengumpulkan beberapa font tipe script gratis. Semua font disertai dengan preview yang sangat detail.

Link Minggu Ini 191210

4. Artikel

“What Font Should I Use?”: Five Principles for Choosing and Using Typefaces

Lagi-lagi artikel berkualitas dari Smashing Magazine. Artikel ini membahas cara memilih font. Pembahasannya sangat jelas, bahkan disertai dengan analogi untuk mempermudah pembaca.

Link Minggu Ini 191210

5. Berita

Person of the Year 2010

Mark Zuckerberg dinobatkan sebagai Person of The Year 2010 oleh Time. Mark dianggap telah merevolusi cara dunia berkomunikasi lewat Facebook. Jika pada era sebelumnya, pengguna internet berada dalam kondisi anonim, dengan Facebook kini mereka menjadi dirinya sendiri. Sistem pertemanan di Facebook memungkinkan kita memperoleh informasi di internet secara lebih baik.

Julian Assange, front man Wikileaks, berada di urutan kedua. Menurut saya, Asange harusnya berada di tempat Zuckerberg karena aktivitasnya yang mengubah peta diplomasi negara di dunia. Survey dari pembaca Time menempatkan Assange di posisi pertama dan Zuckerberg di posisi 11. Ide Facebook tidak sepenuhnya orisinil, Friendster adalah salah satu jaringan pertemanan yang pertama. Lepas dari perdebatan ini, keduanya secara nyata mengubah komunikasi dunia. Assange mengubah komunikasi antar negara, sementara Zuckerberg mengubah cara komunikasi pada level individu.

Link Minggu Ini 191210
Iklan

7 thoughts on “Link Minggu Ini 191210

  1. Saya juga lebih setuju Julian Assange, front man Wikileaks, berada di urutan pertama. Betul, ide facebook sebetulnya tidak benar-benar unik dan baru karena mengadopsi layanan serupa yang sebelumnya lebih dulu lahir seperti Friendster.

  2. Di survey Time, hasil polling Assange bahkan 11x lipat Zuckerberg. Kalau dibaca di artikel Time banyak juga komentar yang menentang Zuckerberg. Jadi, kesannya People of The Year harus miliuner muda.

    Ide FB memang tidak baru, namun FB bisa mengeksekusi idenya dengan lebih baik. Saya dulu pernah daftar Friendster namun setelahnya bingung. Interfacenya rumit, tidak jelas. Beda dengan FB yang lebih mudah dimengerti.

  3. Faktanya, FB telah memiliki user sebanyak 500an juta orang.Kira-kira sekitar 1/10 penduduk bumi telah beralih menggunakan Facebook untuk media sosial dan komunikasi. Saya rasa Zuckenberg pantas jadi urutan pertama.

    Mengenai Wikileaks, sepertinya sebelumnya juga telah banyak beredar berita-berita “bawah tanah” di Internet. Bedanya tidak terbuka dan terekspos seperti WIkileaks.

  4. @ardianzzz: Kelebihan Wikileaks, pengirim informasinya anonim dan sangat dirahasiakan. Setiap dokumen yang dikeluarkannya juga melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Kelebihan lainnya (dan ini yang sangat penting), Wikileaks bisa manjalin kerja sama dengan media besar seperti nytime dan guardian. Ini membuat informasinya tersampaikan.

    Seperti saya katakan di atas, terlepas dari perdebatan ini, Assange dan Zuckerberg berpengaruh besar pada cara dunia berkomunikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s