Link Minggu Ini 051210

Berikut adalah daftar tutorial, inspirasi desain, artikel, dan resource desain menarik yang saya temukan selama minggu ini. Semua link ini saya anggap berguna dan memperkaya wawasan.

[hr]

1. Tutorial

Planet X Matte Painting in Photoshop

Tutorial ini memperlihatkan cara mudah membuat matte painting. Penulisnya menggunakan beberapa objek hasil render dari program 3D disertai manipulasi foto di Photoshop.

Link Minggu Ini 051210

How to Make a Menu Interface for a Fantasy Themed iPhone Game

Minggu-minggu ini saya sibuk mencari referensi pembuatan interface game dan beruntung menemukan tutorial ini. Di sini diperlihatkan cara pembuatan halaman depan game iPhone.

Link Minggu Ini 051210

2. Inspirasi

Remembering Bruce Lee

Koleksi beberapa foto menarik Bruce Lee, ikon seni bela diri terbesar.

Link Minggu Ini 051210

A Collection of Photo Manipulation That Will Amaze You

Koleksi gambar manipulasi foto yang terlihat sangat nyata.

Link Minggu Ini 051210

3. Resource

8 Seamless “Light Metal Grid” Patterns

Resource gratis 8 pola metal. Pola ini sangat bagus sekali, berguna jika Anda ingin membuat desain interface. Di WeGraphics, pola semacam ini dijual seharga $3,99.

Link Minggu Ini 051210

4. Artikel

How To Make Your Own Fonts

Ingin membuat font sendiri? Baca dulu artikel ini. Di sini dijelaskan garis besar proses pembuatan font.

Link Minggu Ini 051210

5. Berita

Julian Assange answers your questions

Dunia saat ini dihebohkan dengan aksi Wikileaks yang membocorkan ribuan dokumen dari kedubes Amerika. Dokumen-dokumen ini memperlihatkan pandangan Amerika terhadap berbagai negara, beberapa di antaranya merendahkan para pemimpin negara. Situs Guardian memberi kesempatan pembacanya untuk bertanya langsung pada Julian Assange, front man Wikileaks. Wikileaks yang aslinya ada di wikileaks.org kini bisa diakses di http://213.251.145.96/.

[box type=”info”]Update: Link Wikileaks yang http://213.251.145.96/ sulit diakses, sebaiknya menggunakan http://www.wikileaks.nl/. Fanpage Wikileaks sekarang mencapai lebih dari 700 ribu orang. Beberapa hari lalu, saya lihat hanya ada 300 ribu lebih.[/box]

Link Minggu Ini 051210

Collateral Murder

Mungkin Anda sama sekali asing dengan Wikileaks. Wikileaks adalah organisasi non-profit yang memiliki misi membongkar dokumen-dokumen rahasia negara dan menciptakan keseimbangan dunia. Di bawah adalah salah satu video yang dibocorkan Wikileaks, rekaman resmi dari helikopter militer AS yang membunuh belasan warga sipil di Afghanistan –termasuk dua wartawan Reuters– dan mencederai dua gadis kecil.

The US Government Is Seizing Domains?

Dalam dua hari pemerintah Amerika telah memberangus lebih dari 70 domain situs. Pemerintah Amerika menyebutnya terkait dengan pelanggaran hak cipta dan terorisme, padahal sebagian besar di antaranya tidak berhubungan sama sekali. Salah satu domain yang ditutup adalah situs pencari torrent yang hanya mencarikan data dari situs-situs lain. Pemblokiran ini dilakukan bukan dari level pendaftar domain publik semacam GoDaddy tapi langsung dari ICANN, pusat pendaftaran nama domain. Pemblokiran ini dilakukan tanpa ada pemberitahuan sama sekali. Apakah ini berarti kebebasan berbicara di internet mulai lenyap?

Link Minggu Ini 051210
Iklan

9 thoughts on “Link Minggu Ini 051210

  1. Saya sudah lihat videonya. Aksi penembakan warga sipil dari helikopter itu sungguh sadis. Saya hampir tak percaya itu kejadian nyata karena mirip dengan kejadian2 yang biasanya hanya ada di film saja. Pantas Amerika berang sekali karena dokumen rahasia yang memalukan semacam itu disebar oleh Wikileaks sehingga akhirnya bisa diketahui oleh publik.

    URL WikiLeaks di http://213.251.145.96 kok tetap tidak bisa saya akses, Mas Jeprie? Apa diblokir juga sekarang?

  2. MEmang Wikileaks sedang fenomenal akhir-akhir ini. Tapi yang jadi pertanyaan kok ya Julian Assange ini bisa berpindah2 negara dengan mudahnya. Jadi ragu nih apa bener dia itu musuh dari Amerika. Kayak Ossama kok ya sampai sekarang belum tertangkap.

    Fan page wikileaks sekarang menjadi 821,284 fans. Keren dah…

  3. Sebelum ada kebocoran yang merugikan Amerika –video penembakan warga sipil di Irak dan dokumen kedubes AS– Julian memang relatif lebih aman. Tapi saat ini, geraknya dia sudah sangat terbatas. Australia sendiri sudah menyatakan akan mendukung Amerika, dalam tanya jawab di Guardian status kewarganegaraannya saat ini tidak memberi keuntungan buatnya. Bahkan ada politisi Amerika yang mengatakan di TV publik agar Julian dibunuh. Sarah Palin juga telah meminta pemerintah AS untuk memburu Julian seperti Osama.

    Keuntungannya Julian itu orang Australia (Barat) sementara Obama orang Arab (Timur). Kalau Julian itu orang Asia, Arab, atau Amerika Latin pasti sudah lama ditangkap. Faktanya, nyawa orang Barat itu lebih berharga daripada orang Timur.

    Jika membaca biografinya di Wikipedia, Times atau Guardian, geraknya sudah lama terbatas. Bahkan beberapa orang yang berhubungan dengannya ditangkap FBI tanpa alasan jelas.

  4. sekrang fans pagenya udah 1,211,114 orang
    menandakan klo informasi seperti ini perlu diketahui banyak orang,…
    mantab dah klo dunia ini seimbang nantinya, hohoh

  5. Kalau fanpage sudah sebesar ini pasti serius. Editor koran Prancis bahkan menyebut Wikileaks kali ini jadi berita terbesar yang pernah ada seumur hidupnya.

    Lewat Wikileaks ini banyak skandal terungkap. Misalnya Amerika yang mencampuri urusan dalam negeri negara lain, jaksa yang di depan publik baik tapi depan Amerika malah sebaliknya, pangeran Arab yang pesta sex dan narkoba, dst. Data dari kedubes AS di Indonesia belum keluar. Kita tunggu gimana peran AS di Indonesia.

  6. Akankah Indoleaks akan seheboh Wikileaks? hehe..mari kita tunggu…
    Namun jujur saja, meskipun apa yg ada di Indoleaks adalah benar, saya pesimis impact nya akan menyeret pelaku kasus2 yang terkait, wong udah di penjara aja masih bisa pelesir kok, apalagi ini cuma bocoran dokumen *halaahhh kok jd OOT sih 😀

  7. Saya ga begitu yakin dengan Indoleaks. Kalau kelebihan utama Wikileaks, sistemnya sudah diatur agar secara otomatis menghilangkan data pengirim. Ini fitur penting untuk menjamin keselamatan informan, apalagi jika terkait kasus sensitif misalnya korupsi yang melibatkan pejabat tinggi atau kasus pembunuhan jaksa.

    Dokumen yang dibocorkan pun harus sudah melalui proses klarifikasi. Jangan hoax. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s