Koleksi Foto 3 Dimensi dengan Metode Anaglyph (Kacamata 3D Dibutuhkan)

Gambar anaglyph digunakan untuk memberikan efek stereoskopik 3 dimensi. Dengan metode ini, kita diharuskan menggunakan kacamata khusus dengan dua lensa berbeda, biasanya merah dan biru. Dibanding metode stereoskopik 3D lainnya, Anaglyph paling murah karena kacamatanya bisa dibuat dari plastik transparan biasa.

Di bawah adalah koleksi foto-foto 3 dimensi yang saya temukan sangat nyata. Jangan lupa, Anda membutuhkan kacamata 3 dimensi untuk bisa melihat efeknya.
[hr]

Bukankah gambar-gambar ini sangat mengasyikkan? Jadi, yang mana favorit Anda?

14 pemikiran pada “Koleksi Foto 3 Dimensi dengan Metode Anaglyph (Kacamata 3D Dibutuhkan)

  1. Gambarnya kurang bisa dinikmati Mas, karena saya tidak menggunakan kacamata 3D, mau buat sendiri juga mesti beli bahannya terlebih dahulu…he..he..he….😛

  2. Saya juga menggunakan kacamata 3D dari buku anak-anak. Kalau pakai kacamata 3D, gambar terlihat keluar dari monitor.

    Sebetulnya ada teknik lain yang tidak perlu kacamata tapi cara melihatnya susah. Belum tentu semua orang bisa.

  3. @grandchief: Teknik 3D tanpa kacamata menggunakan dua gambar, diambil dari dua perspektif disesuaikan dengan jarak kedua mata. Kita harus mengatur fokus mata kita, sehingga mata kanan melihat gambar kanan, mata kiri melihat gambar kiri. Teknik ini bisa juga dibantu dengan kacamata berlensa prisma. Kacamatanya bisa dilihat di sini, http://www.anachrome.com/.

    Ada juga yang dalam bentuk satu gambar, stereograph. Cara melihatnya sama, kita harus menggeser fokus mata. Bisa dilihat di sini, http://www.eyetricks.com/3dstereo4.htm.

    kedua teknik ini tidak perlu kacamata tapi cara melihatnya sulit. Jika dibantu kacamata, harganya jadi mahal. Teknik termudah dan termurah adalah anaglyph. Kita bisa membuatnya sendiri menggunakan plastik berwarna.

  4. Saya juga belum punya kacamata 3D jadi tidak bisa komentar bagaimana efek 3D pada gambar-gambarnya. Karena yang terlihat hanya gambar dengan warna blurek (ngeblur) aja warnanya.😀

  5. Iya, penggunaan kacamata ini murah. Waktu kuliah, sy dan teman2 merekonstruksi kenampakan 3D dari foto udara menggunakan stereoskop. Harga 1 stereoskop di atas kisaran 20 juta rupiah. Sangat tidak murah buat penggunaan pribadi. Dan tidak fleksibel untuk mengamati kenampakan 3D suatu gambar berantai (film).

  6. Kalau yang saya tahu, stereoskop itu gambar yang sepintas abstrak tapi kalau menggeser mata baru terlihat bentuk 3D-nya. Kalau yang Anda maksud stereoskop di sini alat ya?

  7. Stereoskop yang sy maksud adalah stereoskop yang khusus digunakan untuk merekonstruksi kenampakan 3D pada dunia penginderaan jauh. Stereoskop tersebut yang digunakan militer Indonesia sampai Amerika untuk memetakan topografi. Sampel gambar ada di link berikut: http://bit.ly/ifUGc6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s