Wawancara dengan Theycallmeteddy

Theycallmeteddy sejak lama telah menjadi salah satu artis lokal favorit saya. Tidak banyak yang bisa saya katakan tentang karyanya, “This guy is just awesome!“.

Wawancara

1. Selamat datang di DesainDigital. Sebelumnya, silakan perkenalkan diri Anda pada para pembaca. Latar belakang pendidikan, pekerjaan, sejak kapan aktif di industri desain?

Halo, nama saya Teddy Soegiarto. Biasanya lebih familiar pake nick “theycallmeteddy”. Lulusan DKV UK Petra 2004, pekerjaan saya fulltime freelancer & ada usaha clothing line dengan merek Tee41, juga sambil sidejob freelance tutor mata kuliah komputer grafis di UK Petra. Mulai terima job desain dari 2007 sekitar semester 6 akhir nyambi kuliah, full freelance sejak pertengahan 2008 sampe sekarang.

2. Bisa diceritakan seperti apakah style desain Anda?

Benarnya kalo dibilang style mungkin saya ngga ada style yang tetap dalam tiap karya saya. Tapi memang sebagian besar dalam berkarya saya selalu bermain dengan elemen-elemen grunge dengan kombinasi lighting dan warna kontras dan kadang-kadang sedikit abstrak.

3. Saya melihat karya-karya Anda memiliki jangkauan warna yang sangat kontras. Bisa diceritakan proses pemilihan warna yang biasanya Anda lakukan dalam setiap projek.

Pemilihan warna tergantung mood yang ingin ditunjukkan dalam sebuah karya, biasanya saya selalu memilih warna dominan apa yang cocok untuk mood tersebut baru kemudian memilih warna-warna lain yang sekiranya bisa memberikan impresi lebih dalam.

4. Karya mythology terlihat sangat enerjik, efek cahaya di mana-mana dengan beberapa figur dewa. Bisa dijelaskan ide di balik karya ini?

Sebenarnya karya Mythology ini sangat terinspirasi dari film Percy Jackson The Lightning Thief dan Clash of the Titans. Dan kebetulan pada waktu itu ada pameran urban art dengan tema The Erection of Art Nation. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat sebuah karya yang sarat dengan dewa-dewa dalam film tersebut dan dihubungkan dengan tema pameran. Mythology, myth atau mitos bisa diartikan sebagai sebuah cerita zaman dahulu tentang suatu adat, nenek moyang, pahlawan yang entah itu fiksi, dan juga sebagian dari kisah nyata sebenarnya yang terus dipercayai turun temurun oleh generasi penerusnya.

Karya tersebut mengangkat mitos Yunani tentang 3 dewa yang sangat terkenal Zeus, Poseidon, dan Hades. Ketiga dewa tersebut mempunyai kekuatan yang sangat menonjol hingga menjadi legenda hingga saat ini, atau yang kita sebut mitos tadi. Konsep tentang melegendanya kekuatan tiga dewa inilah yang saya harapkan dapat juga menginspirasi perkembangan dunia seni & desain agar terus maju dan berkembang dan terus menerus menunjukkan eksistensinya seperti keberadaan mitos dewa-dewa Yunani tersebut.

5. Biasanya, seperti apa proses desain yang Anda lakukan, dari awal hingga selesai?

Selalu berawal dari ide, tema atau konsep yang ingin dibuat. Proses selanjutnya tidak ada proses yang tetap, kalo memang saya butuh membuat sketsa maka saya akan mencoret-coret terlebih dahulu. Tapi jika semuanya sudah tergambar dengan jelas dalam pikiran, biasanya saya langsung mengumpulkan stok foto dan resource lain yang dibutuhkan. Selanjutnya tinggal memprosesnya secara digital lewat Photoshop atau juga dengan Illustrator kalo memang diperlukan hingga final art.

6. Bagaimana caranya memperoleh desain yang unik dan memiliki style sendiri?

Saya kira semuanya itu tergantung dari ‘jam terbang’, semakin banyak kita berkarya dan berlatih semakin banyak yang bisa kita peroleh.

7. Sebutkan lima artist favorit yang karyanya selalu Anda ikuti!

Peter Jaworowski, Justin Maller, Pete Harrison, Maciej Mizer, Jimiyo

8. Anda menyebut diri Anda sebagai passionate and highly creative. Bagaimana Anda mempertahankan diri untuk tetap kreatif? Dari mana Anda memperoleh inspirasi desain?

Terus berkarya, banyak menambah wawasan dalam hal apa pun bukan hanya tentang art & design melulu. Inspirasi desain banyak didapat dari internet, banyak sekali resource dan inspirasi di internet baik lokal maupun luar, termasuk desaindigital ini kan sumber inspirasi :). Selain itu sering juga dari musik dan komik. Banyak sih, pengalaman pribadi juga sering jadi inspirasi haha ๐Ÿ˜€

9. Terakhir, ada saran bagi para desainer pemula?

Cuma hal yang menurutku yang harus diperhatikan sih hal-hal tersebut harus dibarengin attitude yang baik juga, semuanya tetap butuh proses untuk hasil yang terbaik.

Apa yah … yang pasti terus berkarya aja, jangan menyerah. Desainer & artis sekarang jago-jago. Banyak banget yang jago malahan, source inspirasi, tutorial di mana-mana + didukung perkembangan pendidikan dan teknologi semuanya jadi lebih mudah. Cuma hal yang menurutku yang harus diperhatikan sih hal-hal tersebut harus dibarengin attitude yang baik juga, semuanya tetap butuh proses untuk hasil yang terbaik.

Terima kasih sukses selalu buat desaindigital

Karya-karya lain Theycallmeteddy

Anda bisa menemukan Theycallmeteddy di situs berikut:

Terima kasih pada Teddy Soegiarto yang telah meluangkan waktunya berbagi dengan komunitas DesainDigital.

Iklan

21 thoughts on “Wawancara dengan Theycallmeteddy

  1. WoW,,, Gila contras warna dari desainnya. Benar-benar keren dan menarik mata buat melihat, cap jempol pokoknya dech buat karya-karyanya….

    nIce InTervIew banG jeP, benar-benar menambah inspirasi agar dapat menjadi lebih baik dalam hal desain… ๐Ÿ˜€

  2. Wow, desainnya keren-keren. Warna-warna desainnya sangat menarik. Saya pikir yang diwawancarai adalah orang bule, gak tahunya lulusan Petra. Berarti Mas Teddy ini, terlihat dari nama belakangnya, kayaknya dari Jawa. Apa dari Surabaya, Mas Jeprie?

  3. Prtanyaan untuk yang wawancara, bedanya artist dengan designer apa? karena wawancaranya agak membingungkan menyebutkan artist dan desainer. Kalau saya lihat bang teddy adalah seorang artist.

  4. Desain dan seni memang berbeda, tapi dalam faktanya desainer dan artis sering kali melakukan pekerjaan yang sama. Contohnya ketika mendesain t-shirt, jelas ada aspek seni dalam gambar t-shirt, di sisi desain dia juga harus mengkomunikasikan pesan t-shirt itu kepada orang lain.

  5. Sejatinya saya sangat tertarik dengan desain, cuma hanya sebatas tertarik, makanya kalau mas menyajikan artikel seperti ini saya biasanya melihatnya berulang-ulang, ujung-ujungnya pergi tanpa mampu memberikan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s