Mempertimbangkan Resource Desain Premium

Proses mendesain tidaklah semudah yang dikira sebagian orang. Desainer bisa saja bekerja hanya dengan Photoshop atau Illustrator-nya, namun ini akan membuat proses desain lebih lama. Bayangkan betapa rumitnya jika dia harus membuat ikon, mencari tekstur, dan membuat pola sendiri. Seperti halnya para tukang, desainer membutuhkan resource desain tambahan untuk mempermudah kerjanya.

Mempertimbangkan Resource Desain Premium

Cara termudah memperoleh resource desain berkualitas adalah dengan membelinya. Ada dua pilihan untuk ini, pertama dengan membeli per item seperti di GraphicRiver dan Arsenal GoMedia. atau dengan berlangganan bulanan seperti di WeGraphics dan Vandelay Premier. Berikut adalah beberapa keuntungan dari resource desain premium:

1. Unik

Tidak semua orang mau mengeluarkan uang untuk resource desain, terutama jika masih ada alternatif gratis. Ini membuat desain Anda unik dan berbeda. Saya ingat pernah menemukan billboard iklan rokok dan bisa mengenali splatter yang digunakannya adalah brush gratis dari DeviantArt. Sebagai contoh, lihat ikon unik subscribe yang digunakan di situs ini. Ikon ini hanya bisa ditemukan di WeGraphics dan tidak akan ada di tempat lain.

Mempertimbangkan Resource Desain Premium

2. Lisensi mudah dan tidak rumit

Resource gratis biasanya memiliki lisensi yang lebih rumit. Biasanya pemilik mewajibkan agar namanya dicantumkan dalam deskripsi karya. Sebagian hanya memperbolehkan untuk kegiatan non-komersil atau pendidikan, di luar itu mereka meminta royalti. Beberapa pemilik membatasi penggunaan resource, misalnya khusus hanya untuk DeviantArt saja. Resource desain premium bisa digunakan untuk komersil tanpa perlu memberi kredit pada sumber resource.

3. Dijamin berkualitas tinggi

Sudah sewajarnya jika segala yang berkaitan dengan uang haruslah lebih baik dari yang lain. Pembuat resource desain premium akan berusaha untuk memberikan produk yang jauh lebih baik. Anda bisa melihat dalam studi kasus pembuatan Mockup DVD untuk WeGraphics, saya memperlakukan semua resource gratis sebagai pesaing untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Jika diperhatikan, pembuat resource desain bukanlah orang-orang baru, mereka terkenal sebagai ahli di bidangnya. Misalnya, di bagian tekstur Vandelay Premier salah satu kontributornya adalah Calleb Kimbrough yang terkenal lewat tekstur-tekstur gratisnya di Lost & Taken. Asher Abbasi, desainer ikon berbakat, juga ikut berkontribusi di WeGraphics.

Mempertimbangkan Resource Desain Premium

4. Murah

Harga berlangganan resource desain premium per bulan umumnya $7. Dengan harga ini, Anda bisa mengunduh semua resource yang tersedia dan menggunakannya bahkan setelah keanggotaan Anda berakhir. Harga per item biasanya di bawah $10. Set resource yang cukup banyak hingga ratusan seperti di Arsenal GoMedia biasanya dijual dengan harga lebih mahal, $30-$50.

5. Mempercepat Proses Desain

Dengan bantuan resource jadi seperti brush dan vektor, Anda tidak perlu bersusah payah membuat sendiri elemen desain dari awal. PSD mockup seperti Book Mockup PSD mempermudah Anda mempresentasikan hasil desain. Anda tinggal memasukkan desain cover ke dalam file dengan beberapa klik dan bisa langsung mempresentasikannya pada klien.

Mempertimbangkan Resource Desain Premium

Alternatif Resource Desain Gratis

Jika ingin memperoleh resource gratis dan berkualitas, Anda harus mau meluangkan waktu ekstra untuk mencarinya. Di bawah adalah beberapa situs yang menyediakan resource desain berkualitas.

  1. DeviantArt. Di sini Anda bisa menemukan banyak sekali resource gratis, mulai dari PSD mockup, icon, brush, tekstur, hingga stock photo. Perlu diperhatikan bahwa DeviantArt tidak memiliki kontrol kualitas, semua kiriman file dan gambar selalu diterima.
  2. Vecteezy. Menyediakan berbagai file vektor dalam format
  3. IconFinder. Mesin pencari ikon-ikon gratis yang sangat akurat. Semua ikon yang tersedia di dalamnya berkualitas tinggi.
  4. Lost & Taken. Menyediakan tekstur gratis.
  5. Brusheezy. Menyediakan brush Photoshop gratis.
  6. BittBox. Menyediakan tekstur dan pola gratis.
  7. Flickr. Menyediakan foto-foto gratis.
  8. Stock Exchange. Menyediakan foto-foto gratis berkualitas tinggi. Untuk mengunduh file, harus memiliki account terlebih dahulu.

Perhatikan bahwa lisensi resource gratis biasanya lebih rumit. Pastikan untuk membaca keterangan batasan penggunaannya. Jika Anda harus meminta izin sebelumnya atau sekadar mengirim pemberitahuan, pastikan untuk melakukannya. Saya mengetahui beberapa situs besar yang secara tegas menyatakan akan memblokir desainer yang diketahui menggunakan resource desain secara illegal dalam karyanya.

Kesimpulan

Jika Anda merasa harga ini masih terlalu mahal maka pilihannya adalah resource desain gratis. Resikonya Anda harus menyediakan waktu ekstra karena yang gratis tidak selalu berkualitas baik. Anda juga harus berhati-hati dengan memastikan penggunaan resource tidak bertentangan dengan syarat pemiliknya. Dengan menggunakan resource desain premium, Anda bisa menghemat waktu dan tetap fokus pada proses desain itu sendiri.
[hr]

Bagaimana Menurut Anda?

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga menggunakan resource desain premium? Ataukah tetap menggunakan resource desain gratis? Di mana Anda biasanya memperoleh resource desain gratis?

Iklan

13 thoughts on “Mempertimbangkan Resource Desain Premium

  1. Betul, Mas Jeprie kalau desainnya untuk komersial sebaiknya pilih resource yang premium lebih aman. Jangan milih yang gratisan karena meski hasil akhir desainnya sudah diediting secara digital, tapi mata desainer lain tetap awas untuk melihat asal sumber atau resource desainnya darimana. Dan itu berpotensi menuai tuntutan pihak lain kalau kita tak jeli membaca jenis lisensinya.

    Saya pernah ngobrol dengan kawan saya yang desain cover buku, katanya penerbit luar negerii, contoh dari Malaysia menolak tegas, tidak mau kalau desain cover bukunya ngambil resource gratisan yang diambil dari situs-situs gratis semacam di flickr.

  2. Terima kasih ceritanya. Saya juga sering kali risih melihat cover buku lokal yang kadang gambarnya asal comot stock foto gratisan.

    Memang ada gambar di Flickr yang menggunakan lisensi Creative Common dengan boleh diedit, tanpa atribusi, dan bisa untuk komersil. Tapi untuk komersil, jadinya tidak unik. Seandainya ada pesaing menggunakan gambar yang sama di covernya, kita tidak bisa komplain.

  3. jadi, semua itu ditentukan oleh penggunaan desain itu sendiri di akhir penyelesaian, apakah untuk komersil, atau havefun or belajar design. Info yang sangat menarik, thank’s mas jep 😀

  4. Mantab ms jepri, trims artikel-artikelnya menarik, mohon bimbingannya, saya juga suka dengan desain grafis, salam kenal ms jepri. di tunggu tulisan berikutnya..

  5. Tidak begitu juga. Misalnya, kita tidak bisa beralasan untuk belajar maka sah-sah saja menggunakan resource desain ilegal dari rapidshare.

    Pertama, sesuaikan tujuan mendesain kita. Kalau tidak mau repot langsung saja beli resoure premium. Kalau ingin murah, cari yang gratis. Untuk tutorial, sebisa mungkin gunakan resource gratis supaya orang lain bisa mengikuti.
    Kedua, ikuti aturan penggunaan resource. Jangan dijual kembali, jangan diklaim sebagai milik kita, dst.

  6. Sama-sama. Kualitas tekstur gratis di Lost and Taken dan premium yang dijual memang sama-sama tinggi. Bedanya, lisensi yang premium lebih mudah, tidak rumit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s