Mengelola Jaringan Blog Desain, Wawancara dengan Eric Shafer dari CreativeFan

Kali ini saya berkesempatan untuk melakukan wawancara menarik dengan pemilik blog favorit saya, Eric Shafer dari CreativeFan. CreativeFan adalah salah satu di antara beberapa situs desain besar yang secara rutin membagikan inspirasi desain dan tutorial-tutorial berkualitas.

Wawancara

1. Beritahu kami tentang situs Anda. Presidia Creative, CreativeFan, dan semua jaringannya. Bagaimana Anda menemukan waktu untuk mengatur mereka?

Terima kasih atas kesempatan untuk berbagi sedikit tentang diri saya dan pengalaman saya dengan pembaca Anda. Presidia Creative adalah usaha awal saya ke memasuki industri blog, dimulai pada tahun 2008. Awalnya, saya telah menulis artikel tamu untuk AudioTUTS, berbagi beberapa informasi yang saya pelajari saat bekerja di sebuah studio rekaman di Chicago, saat itu aku sudah mulai mengembangkan minat dalam desain grafis dan seni digital, saya juga menikmati berbagi informasi dengan pembaca . Pada titik itu, saya hampir tidak tahu apa yang saya lakukan, kemudian aku mengenal instalasi WordPress dan theme gratis, dan baru mulai posting inspirasi seni digital. Situs ini cukup baik diterima dan saya mampu memberikan inspirasi dan sumber daya untuk pembaca setiap hari. Namun, pada akhir tahun 2009 saya mencoba membangun sebuah komunitas, saya juga tertarik dengan penerbitan tutorial dengan tema seni digital, jadi saya datang dengan konsep CreativeFan sebagai jaringan yang bisa memenuhi kebutuhan ini. Saya menyukai seni digital dan menikmati belajar 3D, lukisan, desain grafis, dan topik media kreatif lainnya, tapi aku menemukan sebagian besar tutorial di web kurang dan tidak mencakup teknik yang dapat diterapkan di lebih dari sekedar karya seni tutorial.

Jadi, pada bulan Desember tahun 2009, CreativeFan resmi diluncurkan, dimulai dengan situs utama, dan tak lama setelahnya Design.CreativeFan diluncurkan, di mana saya mempekerjakan beberapa seniman digital terbaik yang bisa saya temukan untuk menulis tentang pekerjaan mereka. Aku punya beberapa penulis rutin untuk itu, yaitu Joe Moore, seorang teman yang saya rekrut dari deviantART, dan Bruno Kenzo, seorang desainer grafis yang pekerjaannya aku temukan di sejumlah situs. CG.CreativeFan diluncurkan beberapa saat kemudian dan sudah memiliki beberapa kontribusi artikel luar biasa, favorit saya pribadi adalah tutorial matte painting dari Stas Lobachev, semua tutorial yang telah dipublikasikan sejauh ini diterima dengan sangat baik.

Mencari waktu jelas tantangan, sangat membantu untuk mengingatkan diri bahwa ada pembaca di luar sana yang mengandalkan inspirasi harian dan tutorial mingguan untuk tetap terinspirasi dan belajar hal-hal baru, komunitas adalah faktor terbesar yang membuatku terus berjalan.

Mengelola Jaringan Blog Desain, Wawancara dengan Eric Shafer dari CreativeFan

2. Berdasarkan pengalaman Anda menjalankan situs-situs tersebut, apa rahasia dari sebuah blog sukses?

Untuk blog sukses, ada beberapa karakteristik utama yang saya temukan. Pertama, blog harus menyediakan konten yang berkualitas dan asli. Bahkan jika itu hanya murni kumpulan daftar-daftar, penting untuk memberikan sesuatu yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Jadi, apakah Anda menemukan tutorial yang belum dilihat orang lain, menerbitkan tips atau trik, atau tutorial Anda sendiri, sangatlah penting untuk memberikan aspek unik pada artikel. Yang kedua adalah promosi situs. Adalah kenyataan menyedihkan bahwa blog dan situs terbaik di internet sering kali tidak diperhatikan, karena mereka tidak bisa ditemukan melalui search engine atau media sosial. Setelah Anda memiliki beberapa konten bagus, Anda harus menyebarkannya. Berita Komunitas, media sosial, dan SEO adalah cara bagus untuk melakukan ini. Terakhir, Anda harus mendedikasikan diri pada apa yang Anda lakukan. Pilih niche yang Anda sukai, tetap menerbitkan artikel secara terjadwal, dan Anda akan mencapai pada cukup keberhasilan dalam blogging.

3. Apakah blogging hanya hobi atau telah menjadi bisnis bagi Anda? Apa yang terbaik tentang blogging menurut pendapat Anda?

Blogging bagi saya sekarang adalah campuran antara bisnis dan hobi. Saya berharap CreativeFan dan Presidia Creative bisa menyediakan dukungan keuangan bagi saya untuk mengurusinya full time, namun saat ini, dengan biaya tutorial dan lainnya, belum sampai ke titik itu. Namun, dengan situs berikutnya dan lebih banyak usaha, seiring dengan pertumbuhan traffik situs dan periklanan, mudah-mudahan bisa sampai ke tingkat itu. Pada akhir hari bagaimanapun juga, saya lebih suka memberikan tutorial bagus yang dihargai orang-orang. Mengetahui bahwa Anda berkontribusi kepada komunitas dan membuat orang terinspirasi, termotivasi, dan bahagia adalah bagian terbaik dari blogging.

Mengelola Jaringan Blog Desain, Wawancara dengan Eric Shafer dari CreativeFan

4. Anda posting begitu banyak inspirasi di situs. Di mana Anda menemukan inspirasi untuk berbagi?

Saya menemukan inspirasi di mana-mana, dari situs seni besar, blogger lain, update teknologi, teman, dan bisa dikatakan di mana saja. Saya mengawasi banyak orang di deviantART, membaca posting inspirasi setiap hari di manapun saya temukan, dan saya benar-benar aktif di media sosial, jadi di sanalah saya cenderung menemukan sebagian besar inspirasi saya. Sebuah posting biasanya dimulai penelitian SEO tentang kata kunci yang ditargetkan, atau lebih sering, sebuah karya seni sangat keren muncul dalam account deviantART saya. Satu karya seni saja bisa menjadi inspirasi bagi sebuah tulisan, selama saya dapat menemukan beberapa contoh lain dari efek, topik atau gaya serupa.

Mengelola Jaringan Blog Desain, Wawancara dengan Eric Shafer dari CreativeFan

5. Anda sangat aktif di media sosial dengan 3.000 pengikut twitter dan 1.000 follower di Digg. Apakah Anda memiliki tips atau trik media sosial untuk dibagi?

Media sosial adalah salah satu hal di mana Anda memperoleh apa yang Anda masukkan ke sana. Pada dasarnya, jika Anda berada di sana untuk spam atau mempromosikan konten yang tidak berguna, Anda tidak akan melihat keberhasilan apapun. Tapi, jika Anda bekerjasama dengan orang-orang yang berdedikasi untuk menyediakan posting kualitas, dan kemudian Anda berkontribusi materi Anda sendiri, Anda akan melakukannya dengan sangat baik. Jadi, jika Anda berada di Twitter, jangan hanya tweet link Anda sendiri, di Digg, jangan mengirimkan semua posting Anda sendiri. Sangat mudah untuk mulai mengejar lalu lintas dan pendapatan, namun dalam jangka panjang, Anda tidak akan berhasil. Orang sering membanggakan bahwa mereka tahu beberapa trik rahasia untuk mengontrol media sosial, tetapi dalam kenyataannya, tips terbaik adalah sederhana, yaitu akal sehat. Aktiflah, berbicara dengan orang lain, berbagi kualitas, dan Anda akan membangun jaringamu sendiri.

6. Saya telah melihat pekerjaan 3D Anda di deviantart, Anda juga menulis di Audiotuts. Apakah Anda tipe penguasa banyak hal? Apakah anda bakat tersembunyi lain di kepala Anda?

Yah, secara formal, pendidikan saya adalah teknologi komputer dengan fokus sistem informasi, jadi saya sudah banyak bekerja dengan desain perangkat lunak dan database, tetapi dalam waktu senggang, saya senang belajar hal-hal baru dan menantang diri saya sendiri. Kreativitas dan kemampuan artistik sebenarnya dua tantangan terbesar bagi saya, karena saya cenderung lebih berorientasi teknologi. Di tahun pertama kuliah, saya mulai bekerja dengan produksi audio hanya karena rasa ingin tahu, kemudian saya magang di sebuah studio rekaman lokal di pinggiran kota Chicago selama liburan, belajar banyak dari insinyur dan salah satu produsen yang menyewa ruang di sana. Jadi, menggunakan pengetahuan itu, saya terus belajar sendiri, kemudian mulai bekerja untuk AudioTUTS+ karena saya menemukan bahwa banyak orang yang tertarik dalam produksi audio, tapi karena ini bidang sulit untuk memulai, ada banyak permintaan untuk pengetahuan yang saya miliki. Ketika bekerja untuk mereka, saya juga mengambil sedikit minat dalam desain web & grafis, melakukan sedikit desain web freelance selain mencoba untuk menciptakan karya seni terkait ruang angkasa. Seiring waktu, saya terus memperbaiki minat saya dan belajar lebih banyak, sekarang saya akan mengatakan bahwa saya tertarik dalam media kreatif secara keseluruhan, dari desain, musik, blogging dan seni.

Salah satu hal terbaik tentang internet adalah ada jutaan informasi di luar sana tersedia dan siap diakses, apakah itu melalui situs seperti CreativeFan, atau hanya di Wikipedia. Jika Anda ingin tahu bagaimana sesuatu bekerja, bagaimana melakukan sesuatu, atau berharap Anda bisa melakukan sesuatu, tinggal browsing web dan Anda akan menemukan bahwa Anda tidak sendirian, banyak orang yang memiliki minat yang sama dan ada pelatihan sumber daya untuk itu. Sebagai contoh, sekarang aku sedang belajar bermain piano, karena pengetahuan musik penting untuk produksi audio secara keseluruhan. Hanya dari browsing YouTube, aku telah menemukan banyak video berisi teknik dan teori musik yang berguna.

Jadi, mudah-mudahan saat aku terus tumbuh, saya bisa terus menambahkan pengetahuan dan keterampilan ke kotak peralatan saya, dan terus memberikan banyak inspirasi, pelatihan dan bantuan melalui CreativeFan dan Presidia Creative.

Sekali lagi, terima kasih Mohammad dan semua pembaca di Desain Digital.

Mengelola Jaringan Blog Desain, Wawancara dengan Eric Shafer dari CreativeFan

Anda bisa menemukan Eric Shafer di situs-situs berikut:

Terima kasih pada Eric yang sudah meluangkan waktunya berbagi pengalaman dengan komunitas DesainDigital. Mudah-mudahan wawancara ini menginspirasi kita dan komunitas desain lainnya untuk terus berbagi.

Iklan

8 thoughts on “Mengelola Jaringan Blog Desain, Wawancara dengan Eric Shafer dari CreativeFan

  1. Sebuah wawancara yang menarik, Mas Jeprie. Ehm, 3.000 pengikut twitter dan 1.000 follower di Digg? Ini menurut saya sudah luar biasa yang bisa diraih oleh seorang blogger. Saya ngumpulin pengikut 100 orang saja di Twitter gak dapet-dapet sampai sekarang. He He. Ternyata itu rahasianya, jangan hanya ngetwit update link blog sendiri saja tapi juga berikan link-link berkualitas dari situs lain. Oke, boleh saya coba tips dari Eric Shafer ini.

    Terkait pernyataan Eric yang menjelaskan kegiatan bloggingnya dihasilkan dari campuran antara bisnis dan hobi, betul sekali ini saya juga sependapat, ini yang membuat blogging menjadi penuh gairah. Dan kesuksesan bisnis di internet tak jarang dimulai dari menekuni hobi yang dijalani dengan serius, terus membaginya ke orang lain di internet.

  2. Semua penulis tutorialnya seniman dan desainer top semua pak. Bayarannya pasti mahal. Pantas saja dia bilang situsnya belum bisa menghasilkan besar, tapi bagusnya dia tetap bisa posting setiap hari. Berarti hasrat ngeblognya memang bagus dan konsisten.

  3. kreatif2nya gak habis2 yah… tips dan trick untuk desain selalu muncul… memang bener2 desainer sejati. hehe, saya aja coba utak – atik desain, tapi gak banyak yang ngalir idenya. perlu banyak belajar dari master2nya disini. salam.

  4. Yang paling saya suka situs tutorial Photoshop dan CG-nya. Penulisnya artis berkualitas semua. Selama kita komitmen pada kualitas, saya yakin hasil pasti relatif baik.

  5. Bang, maaf nih, tapi sepertinya gaya bahasa nya agak kaku kalau baca versi indonya 😀 (sok tahu pdhl bhsa inggris saya juga masih jelek :mrgreen:)

    Wahh, jadi makin semangat bangun blog bahasa inggris nih, mau ikut nulis juga bang di blog satrya :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s