Sukses Lewat Berbagi, Wawancara dengan Nurudin Jauhari

Ada banyak cara untuk sukses dalam bisnis di internet. Ada yang mengandalkan iklan dan sebagian lagi bekerja freelance. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa berbagi resource-resource desain ternyata juga bisa menghasilkan. Contohnya adalah Nurudin Jauhari yang sukses lewat berbagi theme wordpress gratis. Di sini, saya berbincang banyak tentang pengalaman Nurudin Jauhari dalam berbagi dan apa yang diperolehnya dari proses itu.

1. Selamat datang di DesainDigital. Sebelum mulai, silakan perkenalkan diri Anda pada para pembaca. Mungkin dengan sekilas profil, pekerjaan saat ini, atau cerita tentang keluarga.

Saya anak kelima dari 6 bersaudara (laki laki semua), saat ini saya aktif sebagai petani di Desa Ponjong Gunungkidul Yogyakarta. Terlepas dari itu saya juga mencangkul di dunia maya entah itu sebagai content writer maupun theme designer.

Wawancara dengan Nurudin Jauhari

2. Anda dikenal sebagai pembuat theme wordpress karena saking banyaknya mengeluarkan theme-theme gratis. Berdasarkan pengalaman Mas Jauhari, apa saja yang diperoleh dari sharing di internet?

Yang jelas Ilmu, karena satu-satunya hal yang bisa kita lakukan tanpa mengurangi kepemilikan kita hanyalah ilmu, yang kedua relasi dan juga klien baru.

Saya tidak menyangka kalau dengan berbagi bisa mendatangkan banyak teman, banyak client dan juga network. Yang lebih jelas juga. Pengetahuan terus bertambah..

3. Saat ini banyak orang yang menganggap saking banyaknya resource desain gratis, theme gratis, font gratis, dst, peluang kerja mereka jadi makin sempit. Bagaimana menurut Anda?

Asal kita bisa mengambil ceruk yang tepat, semua itu bisa menjadi peluang yang indah. Bersaing sehat dan bersaing terhormat. Kalau kita cermati setiap desainer, musikus, atau bidang apapun selalu punya penggemar sendiri sendiri, begitu juga dengan desain web/theme ini.

4. Apakah pembuatan theme sudah bisa menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan? Sebesar apakah peluangnya bagi para pemula?

Bisa iya bisa tidak, asalkan fokus saya rasa sangat menjanjikan. Terus terang saya belum fokus untuk bikin premium2 theme seperti WooThemes dan kawan kawan. Tapi kalau Anda mau menengoknya saya rasa itu bisnis yang luar biasa.

Terlebih pengguna internet / blogger semakin meningkat setiap hari dan tentu saja.. tidak semua bisa desain kan? Itu suatu peluang yang indah.

Wawancara dengan Nurudin Jauhari

5. Saat ini, skill apa saja yang perlu dimiliki desainer agar tetap menonjol dibanding yang lain?

Kemampuan membaca masa depan xD. Maksud saya bisa membaca trend dan kalau perlu menciptakan tren, Kalaupun kita kebawa arus dari trend desain yang sudah ada.. bikin sesuatu pembeda yang membuat kita lebih unik.

Ada juga pepatah yang bilang, AMATI > MODIFIKASI > KEMBANGKAN > NEW PRODUK.

6. Sebutkan lima situs favorit Anda?

Terus terang saya belum mempunyai web favorit karena tiap hari mood saya berubah, tapi setidaknya kalau harus jujur memilih hanya Google, karena semua berawal dari sini. Kalau situs situs lain hanya sebagai penambah info saja seperti

Ups, Saya juga sering buka Desain Digital lo, semoga lebih banyak desainer Indonesia yang mau berbagi seperti ini. 😉

7. Terakhir, ada saran bagi mereka yang ingin terjun ke industri desain theme wordpress?

Tak ada kata yang terlambat dan mulai dari sekarang. Bikin sesuatu yang berbeda dan jangan copy paste.

Wawancara dengan Nurudin Jauhari

Anda bisa menemukan Nurudin Jauhari di situs-situs berikut:

Iklan

16 thoughts on “Sukses Lewat Berbagi, Wawancara dengan Nurudin Jauhari

  1. Saya rasa banyak yang tidak tahu bahwa cara termudah dikenal di komunitas desain adalah dengan berbagi. Ada banyak cara, misalnya dengan membuat freebie di blog atau di deviantart.

  2. Saya jadi ingat dengan salah satu artikel wawancara Mas Jeprie dengan Pramono Hadi Sigit beberapa waktu yang lalu, yang memberikan pernyataan bahwa Jogja dan Bandung adalah dua kota yang cukup menonjol dalam hal kreativitas karena Jogja dan Bandung gudangnya para seniman. Dan artikel ini kembali menguatkan opini tersebut. Nurudin Jauhari, lagi-lagi desainer ini dari Jogja.

    Jika kita ikhlas berbagi dan mau memberi kepada orang lain, entah itu berupa materi atau sharing ilmu maka Tuhan akan memberikan gantinya yang lebih besar kepada kita. Agama saya (Islam) mengajarkan ini dan saya sangat menyakini hal ini. Mari terus berbagi. Sukses buat kita semua.

  3. Yang saya soroti di sini memang masalah berbagi. Cara paling mudah untuk memperoleh reputasi di industri desain adalah dengan bagi-bagi resource gratis berkualitas. Banyak calon desainer yang tidak ngerti ini, mereka terus-terusan mencari projek walaupun dengan bayaran rendah.

    Ada banyak contoh kasus yang menunjukkan kesuksesan desainer berawal dari bagi-bagi resource gratis. Mas Nurudin ini cuma salah satunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s