Wawancara dengan Desainer Kaos, Mumolabs

Kali ini, DesainDigital menampilkan satu lagi desainer lokal, Rayi Christian Wicaksono a.k.a mumolabs. Desain yang digelutinya cukup unik, desain kaos. Di wawancara ini, saya menggali beberapa informasi terkait bidang desain kaos, mudah-mudahan menambah wawasan kita semua.

Wawancara

1. Selamat datang di DesainDigital. Sebelumnya, silakan perkenalkan diri Anda pada para pembaca. Profil singkat, awal terjun ke dunia desain, pekerjaan saat ini, dst.

Hello DesainDigital, nama saya Rayi Christian Wicaksono, seorang digital illustrator. Biasa dipanggil mumo :D. Lahir dan tinggal di Jogjakarta selama -+ 23 tahun. Saya seorang otodidakers di bidang desain karena belum pernah belajar di jurusan desain atau seni. Awal mula mengenal desain saat memesan stiker di rumah produksi daerah Lempuyangan sekitar tahun 2003, terus tanya mas tukang settingnya. “Itu pake software apa mas?” Jawabnya “CorelDraw mas”, langsung deh install tu program. Sejak itu selalu mencari tutorial lewat internet dan coba-coba. Mulai menekuni dengan serius awal tahun 2006. Pekerjaan? masih belum, Saat ini sedang berusaha meluluskan diri dari kampus :D.

mumolabs-01.jpg

2. Sebelum maju ke pertanyaan yang lebih serius, bisa dijelaskan apa maksud dari nama mumolabs?

Hihi. Itu sebenarnya terdiri dari kata mumo dan labs, mumo sendiri adalah nama sebuah karakter maya saya yang saya buat awal 2007. Kenapa jadi mumolabs? Soalnya waktu daftar di Deviantart nama mumo sudah dipakai, akhirnya menambahi kata labs di belakang mumo yang artinya, cuman sebuah laboratorium kecil tempat diciptakan si mumo itu hihih menghayal bgtlah… Dan sampai sekarang jadi id default saya di dunia maya πŸ˜€

3. Bisa dijelaskan secara singkat bagaimana proses desain kaos?

Prosesnya ada bersenang-senang sadja :D. Kalo ini versi saya, Konsep -> Sketsa -> Lineart -> Warnai -> Finishing. Simple2 aja kok. Tahap konsep, tentu aja juga sebaiknya melihat beberapa referensi yang membantu menciptakan imajinasi baru. Sketsa, membuat garis besar dan keterangan detailnya mau bagaimana. Coret2 aja deh. Lineart, buat sebaik mungkin garis outline yang nanti sebagai bentuk dasar design itu sendiri secara digital. Warnailah garis2 outline itu, di sini saya sering kesulitan, jadi sering lihat referensi dan diolah kembali. Mau buat warna shadow dan highlightnya juga lebih baik. Tapi biaya produksi juga perlu diperhitungkan. Makin banyak warna kayaknya makin mahal :D. Finishing, tambahkan typo yang sesuai dengan desainnya, syukur-syukur typonya manual buatan sendiri, lebih bagus :D. Tambahkan objek lain jika masih perlu….

mumolabs-02.jpg

4. Apa saja faktor yang perlu diperhatikan dalam mendesain kaos?

Konsep yang matang, sketsa detail dan jelas, tebal kecil lineart, jumlah penggunaan warna. Ada lagi? Mari bertukar pikiran :D.

5. Apa sebetulnya perbedaan signifikan antara mendesain dengan media kaos dengan desain lain (misal kertas, web)?

Kalau saya selalu mempertimbangkan jumlah warna dan teknik/jenis sablonnya nanti. Karena di media kaos semakin banyak warna, semakin rumit proses pembuatannya dan tingkat keberhasilannya mmmm…. Lebih suka mengefisienkan jumlah warna daripada main banyak warna tp hasilnya sama2 bagus. Satu warna klo sudah oke, ya sudah :D.

6. Seberapa penting proses sketching dalam mendesain menurut Anda?

Ow penting sekali, karena kita jadi tahu gambaran bentuk keseluruhan desain mau kayak gimana dan detail desain bisa dicatat-catat. Kalo nggak ada proses sketsa, kadang susah mau mengembangkannya. Oh ya, di sketsa kadang terlihat simple, tapi kalo sudah masuk lineart bisa jadi rumit. Tapi tetap terarah berkat sketsa yang jelas πŸ˜€

7. Bagaimanakah prospek karir desainer kaos? Apakah lebih menguntungkan dibanding tipe desain lain? Bagaimana juga tingkat persaingannya?

Prospek karirnya bagus kalau bisa konsisten dan selalu memberi hasil yang maksimal di setiap karyanya. Lebih menguntungkan kalau clientnya banyak dan dihargai karya kita. Masih banyak juga orang yang meremehkan pekerjaan ini, tapi banyak juga yang menghargai. Dan ada juga yang mencari jalan pintas dengan membajak karya orang, owhhh hammer…. Persaingannya cukup ketat dan pintar-pintarnya kita untuk bisa tampil yang terbaiklah di setiap kesempatan. Sekarang juga mudah untuk referensi desain kaos sedunia. Nggak ada habisnya dah….

mumolabs-03.jpg

8. Sejauh mana resource yang tersedia jika ingin mendalami desain kaos (tutorial, artikel, buku, kursus, dll)? Atau mungkin ada komunitas khusus untuk belajar desain kaos?

Resource design kaos semakin hari semakin banyak, mulai dari tutorial membuat kaos sampai mendesign kaos yang rumit dengan berbagai tools yang ada di beberapa software grafis. Saya lebih suka mencari e-book atau tutorial online karena nggak ada batasan waktu belajarnya dan murah :D. Kadang ada desainer yang membagikan ilmunya lewat video, bagaimana cara membuatnya. Kebanyakan bahasa Inggirs, jadi mari kita belajar bahasa Inggris :D. Boleh juga masuk ke forum2 yang membahas desain kaos, di kaskus ada, distrobox, emptees.

9. Sebutkan 5 situs desain yang paling Anda sukai beserta alasannya!

  1. DeviantArt, berburu segala gaya illustrasi keren,..
  2. Emptees, berburu design kaos dashyat,..
  3. Designdiary, berburu situs personal designer,..
  4. Lost At E Minor, berburu hal2 yang baru,..
  5. Behance, berburu portfolio keren tentang desain,..

10. Yogya adalah kota yang terkenal kreatif. Sejauh mana peran komunitas Yogya dalam membentuk kreativitas Anda? Seberapa aktifkah komunitas desainer di sana?

Di sini memang beraura kreatif, terutama daerah selatan kota Jogja. Banyak penggeliat seni yang handal disana tapi sayangnya masih banyak juga yang belum terjun ke dunia maya. Wah, saya senang sekali dengan beberapa kegiatan yang pernah diadakan temen-temen Jogjaforce, kerenlah mereka. Tapi sekarang lagi sepi-sepi aja kayaknya, atau saya yang kurang update berita hihihihih :D.

mumolabs-04.jpg

11. Terakhir, ada saran bagi para pemula yang ingin mendalami desain kaos?

Sering-seringlah mencoba hal baru, temukan referensi sebanyak mungkin dan temukan gaya design yang sesuai dengan anda :D. Lakukan semua dengan senang2.

Beberapa Karya lain Mumolabs

Portfolio

Anda bisa menemukan mumolabs di situs berikut:

Iklan

26 thoughts on “Wawancara dengan Desainer Kaos, Mumolabs

  1. Sama-sama, saya juga belajar banyak dari wawancara ini. Saya sengaja bertanya banyak karena banyak yang belum saya tahu tentang desain kaos.

  2. WaWanCaranya sungguh bermanfaat, jadi dapat motivator sekaligus inspirator nih… goOd jOb bang jeP, πŸ˜€ …

  3. Desain kaosnya bagus-bagus (untuk target pasar yang dituju).

    Oya, di luar topik nih mas. Posisi widget tombol share terasa mengganggu bagi saya. Mungkin posisinya kurang tepat sehingga mengganggu ketika saya berusaha membaca konten/posting. Toh, tidak semua pembaca mau/tertarik menshare (contohnya saya yang tidak aktif di sosial media).

    Mungkin tombol share-nya ditaruh di akhir tulisan saja dan tidak disetting melayang.

  4. Mungkin terasa mengganggu, namun setelah saya coba terbukti fungsional. Sepertinya untuk sekarang akan saya pertahankan selama belum ada alternatif yang lebih baik.

  5. Woow designer kaos. Saya kebetulan FJB Seller di Kaskus dan jualan merchandise Kaskus berupa kaos. Desainnya saya minta kakak saya yang buatkan lalu saya jual.

    Butuh banyak referensi lagi nih untuk jadi kreatif seperti Mumo πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s