Wawancara dengan Jayan Saputra

Jayan Saputra adalah salah satu penulis buku Photoshop di Indonesia. Yang membuatnya istimewa, ia pernah menulis di dua situs tutorial Photoshop terbaik di dunia, psdtuts+ dan tutorial9. Secara tidak sengaja kami bertemu di DeviantArt yang kemudian berlanjut menjadi wawancara ini.

Assalamualaikum Mas Jayan. Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk wawancara ini. Sebelum berlanjut, saya harap Anda mau menjelaskan siapa Anda dan apa saja yang Anda lakukan secara singkat.

Wa’alaikum salam wr wb, saya juga terima kasih nih diundang wawancara. πŸ™‚ Oh, sebelumnya perkenalkan nama saya Jayan, anak asli palembang yang kegiatannya sekarang mencari nafkah dari menulis buku tutorial komputer. Selain menulis, saya juga mengajar freelance jurusan desain grafis, animasi dan web design di salah satu lembaga kursus komputer di Palembang.

wawancara dengan jayan saputra

Saya pertama kali mengenal Anda dari tutorial photoshop di psdtuts. Tutorial itu hingga sekarang masih banyak disebut-sebut sebagai salah satu efek paling unik yang ada di psdtuts. Bisa Anda ceritakan proses kreatif di balik pembuatan tutorial itu.

Terus terang, saya juga tidak menyangka artikel di psdtuts itu akan menjadi sangat fenomenal. Awalnya sih ilustrasi itu dibuat dari hasil eksperimen membuat efek api, iseng-iseng saya kirim ke psdtuts, eh langsung keterima ^^ mungkin ini yang disebut beginner’s luck ?

Proses kreatif ya…. Hmm, seingat saya sewaktu membuat ilustrasi itu, ada perasaan menggebu-gebu, apa ya, “feeling curious” aja. Mungkin itu yang membuat hasilnya jadi unik.

wawancara dengan jayan saputra

Sekarang berbicara tentang tutorial photoshop Anda yang di-publish di tutorial9. Bahkan saya pertama kali belajar menggunakan brush custom dari tutorial itu.

Ini juga tidak disengaja, awalnya cuma main-main dengan stok gambar dan brush yang ditemukan di internet. Inspirasinya datang dari browsing karya-karya desainer dengan tema yang sama, jadi di sini saya sekalian ingin mengucapkan terima kasih pada “artist” yang telah menjadi inspirasi karya tersebut!

wawancara dengan jayan saputra

Selain menulis di kedua situs itu, Anda pernah menulis di situs mana lagi?

Dulu punya situs sendiri, manipulasifoto.org yang memuat beberapa tutorial saya. tapi kelewat sibuk di penulisan buku akhirnya malah di tutup. πŸ™‚ Haha…. Pengalaman buruk nih. Saya juga punya alamat blog di pixelisme.blogspot.com tapi ya itu, postingnya masih angin-anginan, sekarang ngeliat Mas Jeprie rasanya pengen juga punya situs sendiri seperti dulu. Hehe…. Minta doanya nih sekalian.

wawancara dengan jayan saputra

Bagaimana rasanya bekerja dengan para editor web professional seperti Sean Hodge (psdtuts+) dan David Legget (Tutorial9)?

Mereka orang-orang yang menyenangkan yah, enak di ajak kompromi walaupun orang luar negeri. Kalau boleh menilai, keduanya adalah orang-orang hebat yang punya visi. Tapi sayang akhir-akhir ini isi kedua situs tersebut malah terkesan kurang fokus? Ada rencana nulis lagi sih, tapi tentang apa dan dimananya masih rahasia…. Hehe.

wawancara dengan jayan saputra

Bagaimana dengan penulisan buku di Indonesia? Bagaimana menurut Anda perkembangan buku-buku Photoshop saat ini?

Wah, soal ini saya lihat perkembangannya cukup signifikan yah. Terutama di tahun 2009 kemaren, semakin banyak penerbit buku-buku komputer baru! Khusus untuk buku photoshop, masih banyak materi yang belum digali, jadi potensinya masih sangat luas. Harapan saya kualitas materi bukunya harus semakin bagus!

wawancara dengan jayan saputra

Terima kasih atas kesempatan yang telah Anda berikan. Ada saran atau tips bagi para pekerja desain grafis atau para penulis Photoshop?

Sama-sama mas. πŸ™‚ Kayaknya kalo kasih saran ato tips nggak deh, ntar kesannya menggurui lagi. Mungkin ada pesan aja mas, yuk kita harumkan nama Indonesia, hilangkan semua perbedaan, desainer Indonesia harus semakin dikenal di kancah internasional! Mungkin itu aja. ^^ Sukses buat semua ya….

wawancara dengan jayan saputra

Website Pribadi Jayan Saputra

Jayan Saputra di DeviantArt

Buku Terbaru Jayan Saputra

Iklan

11 thoughts on “Wawancara dengan Jayan Saputra

  1. biangnya nih hehe.. keren manteps!! mas jep ama jayan sama-sama punya jam terbang tinggi dah nulis buku sih.. hiks2.. pengen juga nulis buku.. keren mas postingannya..

  2. wah selamat mas, diterima tutorialnya di psd tuts ya?? cool..

    kasih tips2 dunk gimana bisa keterima di psd tuts.. pengen juga nih hehehe

  3. Jayan adalah salah satu dari sedikit penulis buku Photoshop di Indonesia yang berkualitas. Sayangnya situs dia ga jelas. Blognya tidak begitu aktif

  4. saya merupakan penggemar mas jayan nih.
    awal kenalan dengan mas jayan itu waktu saya nggak sengaja beli buku membuat website dengan dreamweaver dan photoshop buat TA di tempat kursus. Padahal saat itu saya masih awam soal photoshop. Dan alhamdulillah saya dapat nilai A di TA.
    Sejak saat itu saya jadi belajar Photoshop, dan ketemu dengan bukunya mas jayan lagi. Yakni tentang Pop Art. Dan saat ini, saya punya 2 buku mas jayan tentang pop art. πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s