Teks Grungy

Efek Grunge didominasi oleh banyaknya tekstur yang digunakan. Di sini saya akan memperlihatkan efek grunge pada teks. Mungkin lain kali, kalau ada waktu, saya akan membuat gambar bergaya grunge. Kalau ada waktu ya!

1. Mulai dengan membuka gambar yang memiliki banyak tekstur. Ini bisa berupa gambar kulit kayu, tembok bangunan, besi tua berkarat, atau foto hutan seperti di bawah.

teks-grungy_02

2. Klik Image|Adjustments|Threshold. Dengan fungsi ini kita akan mengubah gambar menjadi hitam putih. Geser slider hingga diperoleh cukup tekstur.

3. Tekan ctrl+A lalu ctrl+C untuk meng-kopi gambar ke clipboard. Kita akan menambahkan tekstur ini ke dalam teks, nanti.

4. Buka gambar lain lalu tambahkan teks ke dalamnya. Seperti biasa, gunakan tipe font yang tebal dan gendut.

5. Tambahkan layer mask pada mask dengan klik ikon kotak hitam yang di tengahnya ada lingkaran putih.

6. Tahan alt lalu klik thumbnail layer mask. Gambar akan putih menampilkan kondisi layer mask saat ini yang masih kosong.

7. Tekan ctrl+V. Ini akan memasukkan tekstur dari gambar sebelumnya ke dalam layer mask. 8. 8. Lakukan transformasi (ctrl+T). Atur ukuran tekstur agar muat seluruhnya ke dalam gambar.

9. Untuk melihat efek tekstur terhadap teks klik thumbnail teks yang ada huruf T-nya.

10. Saya yakin Anda tidak begitu puas dengan bentuk teks yang didapat, mungkin kurang jelas atau kurang tekstur. Langkah berikutnya adalah memisahkan teks dengan masknya. Caranya dengan klik ikon rantai di antara keduanya.

11. Sekarang aktifkan kembali layer mask dengan cara klik thumbnail layer mask. Setelah yakin layer mask aktif lakukan transformasi (ctrl+T) lalu ubah bentuk tekstur.

12. Sekedar catatan, jika ternyata proses transformasi di langkah di atas malah merubah bentuk teks bukan merubah tektur berarti layer mask belum aktif. Tekan ctrl+Z untuk mengulang lalu klik thumbnail layer mask. Jika aktif, layer mask ditandai dengan garis tipis di sekelilingnya.

13. Dan inilah hasil yang saya peroleh.

Iklan

4 thoughts on “Teks Grungy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s