Interface CS4 Lebih Simpel

Masih ingat artikel saya sebelumnya, Kesan Pertama Ps CS4: “It’s suck”. Di sana ditulis saya membenci tampilan Ps CS4 tapi yakin suatu saat akan menyukainya. Dan ternyata inilah saatnya.
Ketika pertama melihat CS4, tampilannya terlihat seperti bukan aplikasi Windows. Jika Anda perhatikan, tidak seperti aplikasi Windows lainnya, CS4 tidak memiliki baris judul. Ini membuat area kerja Photoshop tampil lebih maksimal karena area baris judul bisa diisi oleh menu dan beberapa ikon.
Ini berlaku tidak saja di Ps tapi semua produk Adobe CS4. Gambar di bawah membandingkan tampilan Windows Live Writer yang khas Windows, Ps CS4, dan InDesign CS4.
Photoshop CS4:
capture_01
Windows Live Writer:
capture_02
InDesign CS4:
capture_03
Di Photoshop CS4 tool untuk navigasi (tool hand, zoom, dan rotate view) diletakkan di baris pilihan. Posisi baru ini membuat kita lebih mudah menjangkaunya.
capture_04
Seperti di browser, jika ada banyak file terbuka, setiap nama file ditampilkan dalam tab. Anda bisa juga meng-klik panah di sisi kanan untuk menampilkan daftar file yang terbuka. Mirip sekali dengan Mozilla.
capture_05
Masih ingat status bar? Baris panjang seperti baris pilihan di bagian bawah Photoshop. Salah satu fungsinya adalah mengatur persentase zoom tampilan gambar. Mulai CS4, status bar dihilangkah. Pengaturan zoom bisa dilakukan langsung dari bagian atas Photoshop.
capture_06
Di CS4, semua file yang terbuka bisa diatur penempatannya dengan cara klik ikon Arrange Documents di bagian atas Photoshop.
capture_07
Di bawah adalah beberapa tampilan dokumen yang tersedia.capture_08
capture_09
capture_10
capture_11

0 thoughts on “Interface CS4 Lebih Simpel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *