Content-Aware Scale

Content-Aware Scale

clip_image002[4]

Di antara semua fitur baru Photoshop CS4, Content-Aware Scale (CAS) mungkin merupakan yang paling revolusioner. Fitur ini merupakan versi pintar dari resize image. Jika resize image hanya mengubah ukuran gambar langsung begitu saja, maka CAS melakukannya melalui beberapa tahap. Pertama-tama Photoshop akan menganalisa gambar untuk menentukan objek kuncinya. Setelah itu baru mengubah ukuran gambar tanpa merusak objek utama gambar.

1. Misalkan Anda seorang desainer web dan ingin memasukkan gambar di atas ke dalam sebuah kotak berukuran 1200×600 pixel. Ketika dilihat dari perintah Image Size (ctrl+alt+I) ternyata ukuran gambar yang dimiliki 1024x 768. Pilihannya ada dua: crop atau resize gambar. Jika memilih crop berarti ada sebagian elemen gambar yang dibuang, sementara resize gambar tidak mungkin dilakukan karena perbandingan ukurannya tidak seimbang.

2. Misalnya kita coba dengan resize gambar. Klik Image|Image Size lalu ubah width dan height ke ukuran yang diminta, 1200 px dan 600 px.

3. Begitu diklik OK, hasilnya akan diperoleh bentuk gambar yang tidak proporsional. Seperti yang kita duga sebelumnya, bad idea.

4. Pengguna CS4 punya pilihan CAS. Sebelum menjalankan CAS, ubah Background menjadi layer dengan klik ganda thumbnailnya sambil menahan alt atau Layer|New|Layer from Background.

5. Klik Edit|Content-Aware Scale. Sepintas seperti proses transformasi biasa. Dari baris pilihan isikan ukuran baru yang diinginkan, 1200 x 600 px.

6. Klik ikon Commit, berbentuk ceklis, di baris pilihan untuk menerima hasilnya.

7. Karena gambar baru ukurannya lebih besar dari gambar asli maka ada bagian gambar yang berada di luar kanvas. Klik Image|Reveal All untuk menampilkan semua isi layer.

8. Klik Image|Trim lalu klik OK untuk membuang area transparan yang tidak dibutuhkan.

9. Dalam kasus ini, Photoshop bekerja dengan baik sekali. Ia mengenali gambar pengendara motor dan pion jalan sebagai objek utama di photo. Proses resize yang dilakukan Photoshop tidak mengubah proporsi keduanya.

9. Di bawah diperlihatkan ketiga gambar yang digunakan di sini.

Gambar asli:

Resize dengan CAS:

Resize dengan Image Size:

Iklan

4 thoughts on “Content-Aware Scale

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s