Menggunakan Stylus Wacom

Seminggu ini saya sudah menggunakan stylus wacom. Buat Anda yang belum tahu, stylus adalah alat input yang fungsinya seperti mouse berbentuk pulpen. Artikel ini bukan iklan yang akan mengajak Anda membeli produk merk tertentu namun hanya sekedar sharing pengalaman yang mungkin bisa berguna bagi Anda yang memiliki interest yang sama dengan saya.

Bamboo Product Photography

Di BEC Bandung, tempat saya biasa belanja komputer, hanya tersedia dua merk stylus yaitu Wacom dan Logitech. Logitech adalah merk terkenal untuk mouse tapi untuk stylus tidak ada yang lebih bagus daripada Wacom. Wacom memiliki nama besar dan terpercaya untuk stylus sehingga saya yakin dia akan memiliki support produk yang bagus. Saya memilih model paling ringkas, paling murah, dan paling kecil, Stylus Bamboo ukuran 4×6 in (10×15 cm). Ukurannya yang kecil membuat stylus ini mudah dimasukkan ke dalam tas laptop saya. Harganya Rp. 925.000 yang tanpa mouse. Yang ada mouse harganya 1,4 jt, ukuran lebih besar kalo tidak salah sekitar 2 jt dan 3 jt.

Di Photoshop, goresan brush yang dilakukan stylus bersifat pressure sensitive. Artinya, Ps akan mengenali tekanan yang dilakukan stylus pada alasnya. Gambar di bawah memperlihatkan goresan brush dengan stylus secara lembut.

stylus_01

Yang ini masih menggunakan ukuran brush yang sama tapi dengan tekanan yang lebih kuat.

stylus_02

Menggambar atau menulis dengan stylus terasa jauh lebih mudah. Seperti nulis tanda tangan ini.

stylus_04

Setting pressure sensitive diatur dari palet Brush (F5). Aktifkan fitur yang ada lalu aktifkan Pen Pressure.

stylus_07

Gambar di bawah berturut-turut memperlihatkan pengaruh Pen Pressure pada Shape Dynamics, Scattering, lalu pada keduanya.

stylus_08

Anda bisa juga melakukan flick panning di Photoshop. Maksudnya, menggunakan tool hand untuk menggeser gambar seperti menggeser kertas. Aktifkan dulu pilihan Enable Flick Panning di Preferences (ctrl+K).

stylus_05

Hasilnya, proses menggeser gambar seperti ini.

stylus_06

Cukup dengan Photoshop. Sekarang kita bahas apa yang bisa dilakukan stylus di Windows. Semua Windows Vista (kecuali Home Basic) memiliki fitur pen tablet yang bisa memanfaatkan fungsi pressure sensitive stylus. Salah satu program yang disediakan adalah Sticky Notes, tersedia di Start|All Programs. Fungsinya seperti memo. Anda tinggal menulis catatan-catatan singkat di sini.

stylus_09

Untuk catatan yang lebih panjang Anda bisa menggunakan Windows Journal. Fungsinya seperti Sticky Notes tapi lebih lengkap lagi.

stylus_10

Selain itu ada juga Tablet PC Input Panel. Program ini digunakan untuk mengubah tulisan tangan kita ke teks. Saya tidak begitu menyukainya karena lebih mudah mengetik langsung.stylus_11

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan selain kenyamanan menggambar dan menulis adalah kesehatan. Gerakan dengan stylus lebih alami dibandingkan penggunaan mouse. Pegal di pergelangan tangan atau bahkan cedera bisa diminimalkan dengan menggunakan stylus. Jika sering bekerja dengan komputer (terutama program grafis) Anda akan ngerti maksud saya.

Kesimpulannya, stylus adalah alat yang sebaiknya dimiliki semua pengguna komputer, khususnya pengguna program grafis. Jika belum ada dananya, simpan stylus di wishlist Anda.

Iklan

5 thoughts on “Menggunakan Stylus Wacom

  1. Thanks buat infonya. Saya memang tengah menimang-nimang, mempertimbangkan untuk memiliki stylus, dan pertanyaannya adalah, is it really worth it? Maksud saya apakah output yang dihasilkan benar-benar berbeda dengan saat kita berkreasi hanya dengan mouse.
    Mohon pencerahannya, Mas. Pengalaman sampeyan akan jadi masukan yang luar biasa buat saya.

    Really appreciate!

    Sunu

    neo.sunu@gmail.com

  2. dimana sy bisa beli di jakarta apakah alat ini harus diinstal jika akan dipakai and bagaimana cara bisa terhubung dengan photoshop, makasih seblumnya..

  3. Wah, bener bang. Ane pernah ngerjakan poster (padahal ukuran A4) tapi detailnya hampir bisa dikatakan 199% ^_^.
    apalagi pake’ mouse,.. 7 jam baru kelar. Wahhhh.. menguras waktu dan bikin tangan “tegang”. Keberadaan stylush memang sangat membantu dalam proses desain. fleksibilitas nya maknyusssss…. 🙂 .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s