Kesan Pertama Ps CS4: “It’s suck”

Jum’at kemarin (tiga hari lalu) saya akhirnya memperoleh paket software Adobe Design Premium CS4. Sebagai seorang penulis buku Photoshop, saya terpaksa harus mengikuti perkembangan Photoshop dan sebisa mungkin menggunakan versi terbarunya. Pertama kali melihat isi DVD saya langsung berpikir “it’s suck”. Hal pertama yang saya perhatikan adalah ukurannya. Versi CS4 berukuran 1 DVD penuh (4 GB lebih), padahal Design Premium CS3 Cuma 2,5 GB. Untuk pengguna laptop dengan hard disk pas-pasan (120 GB) seperti saya, ini sebuah mimpi buruk. Isi DVD itu masih harus di-extract dengan hasil akhirnya 4,7 GB. Total space yang digunakan untuk instalasi standar 5,5 GB.

2882881586_e57d3a5754

Hal kedua yang hampir tidak disukai semua pengguna software adalah perubahan interface. Selama ini, saya kira perubahan interface di Ps CS3 sudah final, tidak akan ada perubahan interface lagi. Interface CS3 dibandingkan versi CS lainnya sudah cukup revolusioner (palet yang otomatis bersembunyi, toolbox satu kolom, palet lebih ramping). Pertama kali liat ini, saya rada-rada stress. Tapi saya yakin jika sudah terbiasa interface ini akan terasa lebih nyaman. Seingat saya, selama ini semua perubahan interface photoshop selalu berjalan sukses, tidak ada satu pun yang gagal. Jadi, tinggal masalah waktu hingga saya bilang “I love it”.

kesan pertama_1

Di interface default Ps CS4 ada beberapa palet baru seperti Adjustments dan Mask. Semua nama palet tertulis dalam huruf besar, membuat interface ini terasa aneh. Saya sarankan klik tulisan ESSENTIALS lalu pilih Basic untuk mengembalikan interface agar mirip dengan Ps CS3, jika sudah mulai terbiasa kembalikan lagi ke ESSENTIALS. ESSENTIALS ternyata adalah nama untuk interface standar Ps CS4.

kesan pertama_2

Jika Anda penasaran ingin mengetahui mana saja fasilitas baru di CS4 aktifkan interface What’s New in CS4 (caranya sama seperti tadi). Di interface ini semua fasilitas baru (atau diperbarui) ditandai dengan warna biru.

kesan pertama_3

Satu hal yang unik di Ps CS4 adalah tool zoom rotate. Tool ini bisa ditemukan di baris pilihan atau di slot yang sama dengan tool hand.

kesan pertama_5

Tool ini akan memutar kanvas dalam arti yang sesungguhnya. Mungkin Anda akan ingat dengan perintah Rotate Canvas di Ps CS3 yang sebetulnya hanya memutar gambar lalu memperluas kanvasnya. Sampai saat ini saya betul tahu apa fungsinya, tapi nanti pasti akan ada kondisi yang membutuhkan teknik ini.

kesan pertama_4

Jika ingin mengembalikan kanvas ke posisi standar klik Reset View di baris pilihan.

kesan pertama_6

Untuk sekarang, hanya ini yang bisa saya berikan tentang Ps CS4. Jika ada waktu saya akan menulis info lain tentang fitur baru Ps.

Note: selanjutnya semua tutorial di blog ini akan dibuat menggunakan Ps  CS4.

Iklan

2 thoughts on “Kesan Pertama Ps CS4: “It’s suck”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s