Top Menu

Dapatkan buku The Power of Photoshop. Disertai bonus video tutorial. Harga: Rp 78.800 Rp 54.500

Survey Pembaca: Menulis Tamu di DesainDigital

DesainDigital bukan lagi situs personal. Melalui situs ini, ada banyak pembaca –baik desainer atau non-desainer– yang menggali inspirasi, belajar teknik-teknik baru, atau mencari informasi terkait blogging dan desain. Untuk memperkaya isi situs, salah satu caranya adalah melalui penulis tamu. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum menerima tulisan tamu, saya sudah membahasnya dalam artikel “Persiapan Dalam Menghadapi Penulis Tamu” dan “Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Blog Tamu“.

Kerugian Menulis di Blog Ini

Pertanyaan mendasar bagi semua calon penulis tamu adalah: “Apa yang saya peroleh dari menulis tamu di DesainDigital?” Jawabannya: “Tidak ada!

1. Tidak ada bayaran

Situs ini sama sekali tidak menguntungkan, itu sebabnya penulis tamu tidak akan dibayar. Jika Anda menulis di situs besar, tulisan Anda dihargai minimal $30.

2. Tidak ada link berkualitas

Semua penulis tamu di DesainDigital bisa menuliskan satu paragraf deskripsi dirinya di bawah artikel berikut link ke situs dan jaringan sosial yang digunakannya. Perlu diketahui sebelumnya, DesainDigital bukan situs berkualitas tinggi, sehingga tidak bisa memberikan link berkualitas bagi blog Anda. Page Rank Anda tidak akan otomatis naik hanya karena memiliki link dari DesainDigital.

3. Tidak akan memberikan ekstra traffik

Banyak yang beranggapan bahwa menulis tamu akan meningkatkan pengunjung ke situsnya. Salah! Saya jamin tidak akan ada kenaikan signifikan pengunjung. DesainDigital hanya memiliki rata-rata 500 pengunjung harian dengan 1.000 page view.

4. Berat

Anda bisa melihat bahwa artikel dan tutorial di situs ini biasanya panjang dan detail. Semua penulis tamu diharapkan untuk menulis artikel dengan kualitas yang sama atau mungkin lebih baik lagi. Artikel hasil copy paste atau terjemahan dari artikel lain tidak akan diterima. Tutorial yang terlalu sederhana, misalnya “Cara Membuat Lingkaran di Photoshop”, berada di bawah standar DesainDigital dan tidak akan diterima.

Keuntungan Menulis di Blog Ini

Secara umum, menulis di DesainDigital tidak akan menguntungkan. Namun ada beberapa keuntungan minor yang bisa diperoleh penulis tamu.

1. Bantuan Editing

Saya akan mengedit semua tulisan, biasanya dengan menghapus kata-kata yang tidak perlu atau memendekkan kalimat-kalimat panjang. Lewat proses editing ini, Anda akan belajar cara menulis artikel yang baik. Stephen King mengatakan proses editing yang dilakukan editor pertamanya merangkum tiga tahun pelajaran bahasa yang dia geluti.

2. Belajar Melalui Berbagi dengan Komunitas

Berbagi ilmu dengan orang lain adalah cara termudah dan tercepat untuk memperoleh ilmu baru. Yeah, bullshit! Ini memang terdengar seperti slogan yang tidak masuk akal. Anda harus mengalami sendiri sebelum bisa memahaminya.

Ketika berbagi, Anda memiliki kemungkinan besar menerima banyak respon dari orang lain. Bisa berupa kritik, pujian, atau saran. Melalui ketiga hal ini, Anda bisa mengukur sejauh mana skill yang Anda miliki.

3. Meningkatkan Reputasi

Saya tidak berbicara tentang reputasi sebagai penulis tamu di DesainDigital, situs kecil yang sama sekali tidak populer. Saya membicarakan reputasi Anda yang mau berbagi dengan komunitas. Mana yang lebih Anda sukai, desainer hebat yang menyimpan teknik untuk dirinya sendiri atau desainer biasa yang mengajarkan tekniknya pada orang lain? Itulah yang saya maksud dengan reputasi.

Tertarik Menulis Tamu di DesainDigital?

Saya berharap Anda tertarik untuk menulis tamu di situs ini. Saya telah menyediakan panduan standar penulisan. Anda tinggal memodifikasinya. Jika ada pertanyaan, Anda bisa langsung menghubungi saya via email atau twitter.

Download File Standar Penulisan Artikel

Bagaimana Pendapat Anda?

Sebagai salah satu pembaca DesainDigital, bagaimana pendapat Anda? Silakan tuliskan pendapat Anda di kolom komentar (jika ada) atau cukup jawab poll di bawah.

,

30 Responses to Survey Pembaca: Menulis Tamu di DesainDigital

  1. dHaNy 16 March 2011 at 1:44 am #

    Kalau nulis disini saya belum punya kompetensi bang Jeprie.. Mungkin yang dibawah lebih mahir. Saya ikut belajar dulu…Btw ide membuka penulis tamu ini sangat bagus untuk menambah ilmu dan meningkatkan interaksi sesama blogger yg interest dengan dunia desain….

    • Jeprie 16 March 2011 at 9:17 am #

      Jangan merendah. :) Silakan kalau mau menulis tamu di sini, nanti akan saya perbaiki.

  2. Arif Riyanto 16 March 2011 at 8:55 am #

    Saya setuju, Bang :)

    • Jeprie 16 March 2011 at 9:18 am #

      Terima kasih inputnya.

  3. grandchief 16 March 2011 at 1:40 pm #

    Sepertinya harus banyak belajar dulu,sebelum memulai menjadi penulis tamu di desain digital :D

    • Jeprie 16 March 2011 at 9:14 pm #

      Belajarnya sambil nulis saja. Nanti saya bantu. :)
      Pengalaman saya pribadi, skill makin bertambah setelah rutin menulis.

  4. Windy 16 March 2011 at 1:48 pm #

    sundul. saya setuju.

    • Jeprie 16 March 2011 at 9:14 pm #

      Terima kasih Windy atas inputnya.

  5. Ari Arsyadi 16 March 2011 at 5:10 pm #

    Halo Mas Jepri,

    Terus terang menarik, walau sudah dibeberkan kerugian dan kekurangannya. Boleh tidak diadakan polling tambahan (atau semacamnya) yang menampung saran dari pembaca mengenai peluang ditambahkannya ‘keuntungan’ tambahan menulis di blog ini yang, apa-apa saja keuntungan tambahan tersebut, disubmit oleh pembaca atau calon penulis tamu. Ini dengan harapan bisa memperkaya blog ini juga dan bukan bermaksud lain. Hanya saran aja sih, semoga membawa manfaat.

    Anyway, dengan apa yang sudah dibeberkan di atas, menurut saya pribadi yang menarik adalah soal tentang ‘reputasi’ pada keuntungan menulis di blog ini. So, good luck terus buat DesainDigital, semoga kita semua bisa terus mendapatkan insight positif dari blog ini.

    ps: oya, buat calon penulis tamu di sini, apakah sudah bisa mengirimkan contoh tulisan yang ingin di-submit, atau menunggu dulu pengumuman selanjutnya dari mas Jepri? Thanks

    • Jeprie 16 March 2011 at 9:26 pm #

      Jika ada tambahan “keuntungan”, silakan tuliskan dalam kolom komentar, jika menarik nanti saya update ke artikel di atas.

      Saya tidak menuliskan banyak keuntungan karena sejujurnya memang tidak ada banyak keuntungan dari menulis tamu di DesainDigital. Reputasi menurut saya memang faktor paling penting dari menulis tamu. Saya pernah menulis tutorial gratis di sebuah situs yang cukup besar, besoknya langsung mendapat tawaran menulis dengan bayaran yang cukup tinggi.

      Sudah ada seseorang yang menawarkan tutorial Photoshop ke DesainDigital, dilihat dari hasilnya sangat bagus –setara dengan kualitas tutorial di situs luar negeri. Mudah-mudahan bisa segera beres. Bagi yang tertarik untuk menulis di DesainDigital, silakan langsung hubungi saya.

  6. Jaka Zulham 16 March 2011 at 5:37 pm #

    Waoh..
    langsung ke kerugian dan keuntungan…
    sangat menarik, jarang ada yang menawarkan penulis tamu dengan memaparkan kerugiannya, tapi disini tertera semua :D

    semoga suatu saat ada tulisan yang masuk ke website bisa didolarkan :D
    hhaha

    • Jeprie 16 March 2011 at 9:32 pm #

      Sebagai seorang penulis, saya sudah cukup mengetahui keuntungan dan kerugian menulis tamu di berbagai situs. Saya tidak ingin mengeksploitasi penulis lain.

      Sebetulnya, saya juga sedikit menyindir beberapa situs yang menerima penulis tamu sambil mengklaim sanggup memberikan link berkualitas. Setahu saya, link berkualitas itu hanya mitos. :D

  7. Agung Wiseso 16 March 2011 at 5:45 pm #

    Asik, lain kali mau nyoba ah..
    tp belum terlalu bisa photoshop, lagi belajar2 nih, khususnya buat design web..
    mohon bimbingannya mas Japrie :)

    • Jeprie 16 March 2011 at 9:35 pm #

      Silakan ikuti tutorial desain web yang tersedia di DesainDigital.

      Jika ingin mencoba menulis tutorial di DesainDigital, akan saya bantu secara langsung.

  8. iskandaria 16 March 2011 at 10:47 pm #

    Belum pernah saya jumpai situs yang terang-terangan menulis kerugian atau kekurangan jika menulis tamu di situsnya. Rata-rata saya amati hanya menuliskan keuntungan-keuntungan yang diperoleh, salah satunya berupa link berkualitas (hanya klaim). Padahal kita tahu bahwa link yang diperoleh penulis tamu umumnya hanya pada halaman single-post (yang notabene berpagerank lebih rendah daripada pagerank halaman utama/home).

    Jadi, salut untuk admin desaindigital yang berani berterus terang mengenai kerugian yang bakalan diperoleh sang penulis tamu :)

    • Jeprie 17 March 2011 at 6:56 am #

      Terima kasih pak.

      Saya sudah menulis di banyak situs pak, beberapa di antaranya sangat besar. Jadi, saya sudah cukup mengetahui kerugian dan keuntungan dari menulis tamu. Saya tidak ingin mengeksploitasi sesama penulis lain.

      Link berkualitas menurut saya hanya mitos. Yang jelas pasti diperoleh adalah reputasi sebagai penulis/desainer yang mau berbagi teknik dengan para pembacanya.

    • ardianzzz 19 March 2011 at 11:16 am #

      Bisa jadi “sedikit” meniru yang ada di MargaSatrya atau BelajarWebdesign, yaitu dengan menampilkan kontributor di halaman utama. Saya lihat sih, yang di BelajarWebdesign.com lebih baik.

      • Jeprie 19 March 2011 at 12:35 pm #

        Halaman utama maksudnya di home desaindigital.com? Bisa saja, namun saya tidak yakin itu bermanfaat buat pembaca. Saya rasa akan lebih baik jika dibuat halaman khusus berisi daftar para penulis tamu.

  9. Muhammad godc 17 March 2011 at 1:55 am #

    wah boleh juga,mantap idenya….

  10. Ikaznarsis 17 March 2011 at 6:12 pm #

    Sudah lama gak komen dih sini, jadi pengen komen.

    Saya rasa jadi penulis tamu di desain digital banyak untungnya, yang jelas situs bisa dapat trafik lumayan, apalagi kalo tulisannya berkualitas, dan tentu kalo jadi penulis tamu rutin bisa banyak trafik ngalir.

    Pengen sih jadi penulis tamu di desain digital tapi mesti riset dulu bahan tulisan biar menarik dan unik.

    nice.

    • Jeprie 17 March 2011 at 6:56 pm #

      Pengalaman saya, bahkan nulis di situs sebesar Psdtuts+ tidak memberikan tambahan traffik yang berarti. Saya kira menulis tamu di DesainDigital juga sama, tidak akan ada kenaikan traffik secara signifikan.

      Berdasarkan pengalaman ini, saya tidak memperhitungkan efek traffik dari menulis tamu. Saya lebih fokus pada membangun reputasi dan uangnya.

  11. ekky 18 March 2011 at 8:24 am #

    Wah, sudah lama g berkunjung kesini, waoooo semakin…. Semoga someday bisa kirim artikel disini

    • Jeprie 18 March 2011 at 10:32 pm #

      Jika berminat, saya tunggu kiriman artikelnya.

  12. carpus 1 April 2011 at 2:54 am #

    great articles pakde….barvo dah…..mo nanya nech….klo submit article soal css development ke sini boleh gak ya….

    • Jeprie 1 April 2011 at 9:12 am #

      Silakan kirim saja dulu ke sini, nanti bisa kita rundingkan.

      Terima kasih.

  13. carpus 1 April 2011 at 10:10 pm #

    ok pakde ntar saya kirim..=)
    btw busway……keren template web’na…tinggal tunggu traffic n pasang buysellads euy…..income for website owner…great idea for webdesigner n developer….ciayo0o0o0…^^

    • Jeprie 2 April 2011 at 9:57 pm #

      Silakan dikirim.
      Iklan untuk situs ini sepertinya masih sulit. Untuk saat ini, saya lebih fokus pada kualitas konten dan menjadikan situs ini sebagai lahan eksperimen dan arsip inspirasi pribadi.

Tinggalkan komentar Anda.