Top Menu

Dapatkan buku The Power of Photoshop. Disertai bonus video tutorial. Harga: Rp 78.800 Rp 54.500

Link Minggu Ini 121210

Berikut adalah daftar tutorial, inspirasi desain, artikel, dan resource desain menarik yang saya temukan selama minggu ini. Semua link ini saya anggap berguna dan memperkaya wawasan.

1. Tutorial

Create an Unbelievable Surreal Abstract Artwork with Photoshop

Tutorial ini memperlihatkan cara pembuatan gambar abstrak surreal wajah wanita di Photoshop. Untuk batang dan berbagai objek abstrak lain, ide yang gunakan penulis sangat sederhana, mengambil dari bagian kulit yang lain sehingga hasilnya terlihat natural.

Link Minggu Ini 121210

Create Super Glossy 3D Typography in Illustrator and Photoshop

Teks ini terlihat seperti hasil render program 3D namun sebetulnya dibuat di Illustrator lalu dipoles di Photoshop. Di tutorial ini, Anda akan belajar beberapa teknik menarik.

Link Minggu Ini 121210

2. Inspirasi

WTF Series 2 by Minga

Gambar-gambar ini memperlihatkan kondisi aneh dan sering kali menggelikan di mana orang akan berkata “What The Fuck!”.

Link Minggu Ini 121210

3. Resource

Free WordPress 3.0+ Theme for Portfolios and Magazines: JournalCrunch

Theme WordPress gratis untuk portfolio. Melihat dari desainnya, theme ini sangat bagus tidak kalah dari theme premium. Kelebihannya, theme ini juga mendukung shortcodes. Bagi non-coder ini akan sangat membantu.

Link Minggu Ini 121210

30 Top Best Free Fonts From 2010

Koleksi font-font gratis berkualitas tinggi.

Link Minggu Ini 121210

Couch — CMS Uncomplicated

berdasar keterangannya, software gratis yang ditawarkan situs ini bisa secara otomatis mengubah file HTML/CSS menjadi theme. Saya sendiri belum mencobanya namun terdengar menarik.

Link Minggu Ini 121210

4. Artikel

Most Common Mistakes in Screencasting

Dalam artikel ini ditunjukkan beberapa kesalahan dalam pembuatan rekaman video (screencast). Saya sendiri sudah berpengalaman membuat banyak video tutorial untuk buku dan semua kesalahan yang saya buat dibahas di sana.

5. Berita

Twitter is censoring the discussion of #Wikileaks

Wikileaks menjadi topik hangat di seluruh dunia. Semua orang membicarakannya, namun saya selalu heran karena #Wikileaks tidak menjadi Trending Topic di Twitter. Artikel ini secara khusus membahas beberapa kemungkinan yang terjadi. Pembahasannya sangat lengkap bahkan hingga mencoba menggali dari sisi algoritma-nya juga.

Pihak Twitter sendiri telah memberikan tanggapan terkait tidak munculnya #Wikileaks di Trending Topics, menurut mereka #Wikileaks tidak serta merta menjadi trend, tapi berjalan secara gradual. Ini membuatnya keluar dari radar Twitter, sama halnya dengan keyword Justin Bieber. Tapi, berdasarkan data dari pihak lain, ternyata #Wikileaks jauh melebihi keyword lain. Jadi, menurut Anda apakah Twitter mensensor Trending Topic? Menurut saya ya. Jadi, sekali lagi, apakah kebebasan berpendapat di Internet sudah mati?

Link Minggu Ini 121210

6. Video

How to remain calm, despite what’s about to happen to your Chrome notebook

Video ini sangat gila. Dalam pembuatannya ada 25 notebook yang dihancurkan. Video ini mengiklankan Notebook Chrome yang menggunakan cloud computing yang berarti semua data disimpan di internet. Data akan aman walaupun notebook rusak berkali-kali.

10 Responses to Link Minggu Ini 121210

  1. Joko Sutarto 12 December 2010 at 1:10 am #

    Tentang trending topic berita Wikileaks yang disensor di Twitter. Bisa jadi. Karena jika tidak, teriakan Twitter akan terlalu keras untuk memerahkan telinga dan semakin mempermalukan Amerika. Semua sepertinya pada akhirnya akan disensor. Sayangnya mengapa yang melakukan sensor justru negara yang katanya mengagung-agungkan demokrasi. Yang katanya paling demokratis sedunia.

    • Jeprie 12 December 2010 at 9:58 pm #

      Itulah sebabnya saya tidak percaya dengan demokrasi. Demokrasi itu hanya khayalan. Tidak pernah ada negara yang sukses menjalankan demokrasi dan tidak akan pernah ada. Demokrasi hanya berlaku bagi negara lain bukan AS.

      Kebebasan berpendapat itu tidak pernah ada. Segala sesuatu pasti terbatasi baik oleh hukum, etika, atau hati nurani. Ketika Cina memblokir Google karena tidak memfilter situs porno, AS bilang tindakan tidak demokratis. Saat ini, pejabat publik AS bahkan mengatakan Julian Assange agar dibunuh. Sarah Palin meminta Assange diburu seperti Osama. Padahal ahli hukum AS sendiri menyebutkan sulit untuk menyalahkan Wikileaks. Undang-undang yang ada melarang pencurian dokumen. Wikileaks tidak mencuri tapi menyebarkan dokumen rahasia yang dia dapat dari pihak lain. Pihak lain inilah yang melanggar hukum bukan Wikileaks. Posisi Wikileaks sama seperti jurnalis. Jurnalis tidak bisa dihukum karena menyebarkan berita.

      Kasus ini makin ngawur. Saat ini Julian ditangkap atas tuduhan pemerkosaan dua wanita. Padahal yang terjadi bukan pemerkosaan. Dengan wanita pertama, Julian tidak menggunakan kondom dan dengan wanita kedua kondomnya robek. Tidak ada unsur pemaksaan sama sekali. Kenapa tuduhannya jadi pemerkosaan? Apa yang diinginkan aparat, menghukum atau membunuh karakter?

  2. Joko Sutarto 12 December 2010 at 7:59 am #

    Kasus Wikileak itu kayaknya memang benar, sengaja difilter di Twitter agar tidak jadi Trending Topic. Wah-wah, Amerika katanya negara yang paling demokratis tapi kebebasan berbicara tetap dipasung juga. Sama aja kalau gitu dengan negara Cina.

    Hem, tapi memang iya corong Twitter memang sangat dahsyat untuk sekedar menyentil dan memerahkan telinga pihak-pihak tertentu yang sengaja membudekkan diri. :D

    Dini hari tadi saya sudah comment di artikel ini tapi, kok ndak muncul, ya? Apa terjerat Spam, Mas Jeprie?

    • Jeprie 12 December 2010 at 9:35 pm #

      Ya, masuk spam. Sudah saya bebaskan.

      Ada seorang desainer yang kritis juga masalah politis. Di account twitternya dia bilang “Dulu Amerika mengkritik Cina karena memblokir Google, sekarang Amerika menjadi Cina dengan memblokir Wikileaks.”

  3. ajir 12 December 2010 at 1:20 pm #

    yang 3d typography-nya psdtuts keren! Saya pikir juga pakai program 3d, rupanya cuma illustrator & photoshop.

    • Jeprie 12 December 2010 at 9:39 pm #

      Saya juga berpikir sama. Prosesnya jadi lebih rumit namun sepadan karena program 3D biasanya mahal.

  4. Obi Mnaohonin 14 December 2010 at 4:39 am #

    thanks master, konten blog ini bnyak mengajarkan saya soal ilmu desain.btw, koq load blog ini berat? banyak make image atau memang koneksi saya yang minimalis?

    • Jeprie 14 December 2010 at 8:46 pm #

      Ya, blog ini banyak menggunakan gambar. Ukuran satu post bisa mencapai 2MB.

  5. iskandaria 14 December 2010 at 9:11 am #

    Theme Journal Crunch itu bagus sekali. Saya suka tampilan halaman depannya yang simpel tapi elegan. Mungkin suatu saat akan saya integrasikan dengan theme blog saya sekarang.

    • Jeprie 14 December 2010 at 8:49 pm #

      Ya, theme itu memang bagus sekali.

      Saya tunggu hasilnya. :)

Tinggalkan komentar Anda.